: WIB    —   
indikator  I  

Disiplin syarat untuk maju

Oleh Surjawaty Tatang
Disiplin syarat untuk maju

Saya mulai bergabung dengan Bank Ganesha tahun 2015 dan langsung dipercaya menjadi Presiden Direktur.

Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Sebelumnya saya sudah malang melintang di dunia perbankan sejak
tahun 1991.

Mengelola bank dengan aset yang tidak begitu besar bukanlah hal yang baru bagi saya. Beberapa pengalaman sebelumnya, saya pernah bekerja di jenis bank serupa. Sehingga saya sudah terbiasa bekerja di bank dengan skema bisnis yang kecil.

Namun, ada satu masalah yang membuat saya merasa tertantang saat bergabung dengan Bank Ganesha. Bank ini memiliki non performing loan (NPL) di atas 5%, namun tidak sebanding dengan laba yang dihasilkan.

Saya merasa, pasti ada yang kurang tepat dengan sistem kerjanya.

Dugaan saya ternyata benar. Saat awal bergabung, saya melihat hampir semua karyawan datang terlambat dari jam kantor yang telah disepakati.

Tak hanya itu, jika ada rapat, sekalipun dengan komisaris, pasti tidak tepat waktu. Saya merasa antar karyawan, baik di kalangan staf maupun jajaran manajer ke atas tidak ada respek satu sama lain. Respek terhadap waktu dan etos kerja juga minim di perusahaan ini.

Mengalami kejadian yang cukup memprihatinkan itu, saya memutuskan untuk mengubah pola dan etos kerja sumber daya manusia (SDM). Dimulai dari hal sederhana, seperti soal disiplin waktu.

Saya mulai menerapkan disiplin waktu dari diri sendiri. Setiap hari, saya datang lebih pagi dari jam kantor, yakni pukul 07.00, sedangkan jam kantor 08.00.

Pintu ruangan saya selalu terbuka dan semua karyawan mempunyai akses leluasa untuk menemui saya. Biasanya, jika ada karyawan yang mempunyai keperluan dengan saya, bisa menemui saya pada pagi hari.

Seiring berjalannya waktu, saya melihat cara saya ternyata berhasil. Kini, sudah mulai banyak karyawan Bank Ganesha yang lebih disiplin waktu.

Saya juga mulai menerapkan standar penilaian karyawan lewat key performance indicator (KPI) yang sebelumnya tidak ada.


Close [X]