: WIB    —   
indikator  I  

Fokus perbaikan manajemen

Oleh Kyatmaja Lookman
Fokus perbaikan manajemen

Saya mulai bergabung dengan PT lookman Djaja yang dirintis oleh ayah saya, Kandradi lookman, tahun 2005. Saya memimpin perusahaan mulai tahun 2015.

Sebagai pemimpin perusahaan, ada tugas berat yang harus saya hadapi. Selain harus bisa mempertahankan bisnis, saya juga harus bisa mengembangkannya menjadi lebih besar.

Tugas saya tentu tak ringan karena harus bisa berkompetisi dengan perusahaan ekspedisi dan logistik lain. Guna mendapatkan hasil maksimal, dalam memimpin lookman Djaja, saya selalu mengedepankan proses belajar dan integritas, seperti keterbukaan, transparansi, tanggung jawab dan kejujuran.

Saya percaya proses, meskipun ada karyawan yang lambat belajar, asalkan dia mau berproses lebih baik dan ada kemajuannya, saya hargai itu. Keterbukaan dan transparansi selalu diterapkan pada seluruh karyawan, terutama saat rapat.

Selain itu, berbagai strategi bisnis coba saya lancarkan demi merebut pasar. Salah satu strategi bisnis yang paling awal dilakukan adalah pembenahan manajemen, sesuai dengan kompetensi keilmuan saya.

Meskipun perusahaan ayah saya telah berjalan puluhan tahun, tapi ternyata tak punya standar baku dan Standar Operasional Perusahaan (SOP), serta deskripsi pekerjaan untuk setiap karyawan.

Selama ini ayah menjalankan perusahaan one man show atau semua pekerjaan diselesaikan sendiri oleh ayah dan cara tersebut mustahil untuk dipertahankan.


Close [X]