: WIB    —   
indikator  I  

Harus berani mewujudkan ide

Oleh Jasin Halim
Harus berani mewujudkan ide

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk merupakan emiten pertama startup teknologi yang sahamnya bisa dibeli investor retail di Indonesia.

Kami berharap, Kioson bisa menjadi motivasi bagi startup lain mempertimbangkan untuk melantai di pasar modal Indonesia, mengingat investor antusias atas kehadiran kami di bursa.

Menjadi pemimpin di perusahaan start up yang isinya anak-anak milenial tentu membutuhkan cara dan gaya sendiri dalam memimpin.

Mereka muda dan kreatif. Alhasil, sebagai pemimpin, saya harus menciptakan lingkungan kerja yang dipenuhi oleh semangat muda.

Makanya, saya mengizinkan karyawan untuk mencicip aneka kebebasan. Mulai kebebasan berpakaian, berbicara, kreativitas sampai kebebasan waktu dalam bekerja.

Di Kioson, kami tidak menetapkan waktu masuk dan keluar dengan melakukan tap in dan tap out. Masing-masing pekerja, bebas menentukan waktu bekerja. Hanya kami punya tools yang mampu memperlihatkan kapan mereka bekerja.

Hasilnya bagus. Pekerja sangat mengapresiasi aturan kerja ini. Ada yang bisa bekerja hingga pukul 10 malam, bahkan bisa bekerja di hari Sabtu dan Minggu. Meski berbas, produktivitas karyawan justru meningkat.

Bagi saya, lingkungan kerja yang baik sekaligus nyaman merupakan hal penting bagi karyawan. Jika itu terpenuhi, bahkan bisa menambah semangat bekerja.

Faktor kedua komunikasi dua arah antara manajemen dengan karyawan. Tak harus duduk berhadapan, dengan cara apapun, saya membuka diri bagi karyawan untuk ngobrol aneka topik.

Selain saya menjadi tahu perspektif mereka tentang pekerjaan mereka, saya juga tahu ide-ide yang berkeliaran dan menangkap keinginan mereka.


Close [X]