: WIB    —   
indikator  I  

Kami bisa dilibatkan di proyek nasional

Oleh Heru Sukanto
Kami bisa dilibatkan di proyek nasional

Memimpin bank yang pemegang saham terbesarnya adalah pemerintah daerah, tentu merupakan tantangan tersendiri. Namun, heru sukanto melihat banyak peluang bagi PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Bank Banten), Tbk.

Berikut penuturan Direktur Utama Bank Banten ini kepada jurnalis KONTAN Agung Jatmiko.

Saya sebelumnya berangkat dari lingkungan pendidikan. Saya , sebagai asisten dosen di almamater saya di Universitas Airlangga, Surabaya, awal-awal 1983. Setelah itu, saya ingin mencari tantangan baru dan masuk dalam sektor perbankan mulai September 1983 di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), saya masuk lewat program staf waktu itu.

Selama 28 tahun, saya membangun karier di BRI dengan jabatan terakhir pemimpin wilayah Surabaya, selama kurang lebih tiga setengah tahun. Enam bulan menjelang pensiun, saya diminta untuk memimpin anak usaha BRI, yaitu BRI Agro, dari 2012 hingga April 2016.

Nah, baru setelah itu, saya menjabat sebagai Direktur Utama Bank Banten ini.

Amanah dari Pemerintah Provinsi, kami harus mampu memberikan nilai positif kepada masyarakat Banten dalam hal pengembangan UMKM dan penyebaran akses perbankan, khususnya di wilayah Banten Selatan dan Barat. Jadi, Gubernur menekankan akses perbankan yang direpresentasikan dengan ATM dan kantor cabang harus diperluas.

Saya bersedia menjadi pimpinan Bank Banten karena memimpin bank daerah menghadirkan tantangan tersendiri. Berbeda memang cara kerja di bank umum dan bank daerah. Misal, proses penambahan modal, untuk mekanisme pengesahannya dalam bank daerah, ada keterlibatan institusi politik, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Jadi, kalau sebelumnya di BRI Agro, saya cukup bicara dengan pemegang saham pengendali, sekarang saya harus menjelaskan program kami, rencana bisnis, melakukan presentasi kepada Pemerintah Provinsi dan DPRD. Kalau perlu tambahan modal tapi belum masuk APBD, ya, kami harus menunggu APBD Perubahan.


Close [X]