: WIB    —   
indikator  I  

Kami bukanlah investor yang pasif

Oleh Eddi Danusaputro
Kami bukanlah investor yang pasif

Membawa inovasi ke dalam tubuh Mandiri Group dan menjadi jembatan investasi Mandiri Group. Itu dua amanah yang disematkan pada saya kala ditunjuk menjadi Chief Executive Officer (CEO) PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), pada awal tahun 2016.

Kita semua tahu bahwa rintisan (start-up) bidang financial technology atau fintech di seluruh dunia, termasuk Indonesia sudah menunjukkan pergerakan yang destruktif terhadap perbankan konvensional, dalam arti yang positif.

Nah, Bank Mandiri memiliki visi untuk secara proaktif membawa inovasi dan cara berpikir rintisan ke dalam Mandiri Group.

Kemudian, amanah kedua sebagai jembatan investasi maksudnya, MCI berfungsi sebagai investment arm dari Mandiri Group ke perusahaan rintisan.

Perusahaan rintisan Indonesia, menurut saya, memiliki potensi bagus. Tak heran kalau banyak grup memiliki perusahaan modal ventura plus kehadiran perusahaan modal ventura asing.

MCI melihat modal ventura, baik dalam negeri maupun asing, bukanlah pesaing. Saya pikir, modal ventura asing masuk ke Indonesia itu bagus bagi ekosistem rintisan Indonesia. Sebab, bagaimanapun juga rintisan membutuhkan modal.

Yang sering terjadi di industri ini adalah joint investment. Sebab, biasanya jika rintisan menghimpun dana atau raising fund, hal itu dibuka luas dan biasanya tidak ada satu modal ventura yang mengambil seluruhnya, melainkan beberapa modal ventura co-invest.

Sebagai perusahaan modal ventura, MCI juga selalu menjajaki peluang investasi di rintisan Indonesia, khususnya yang bergerak di sektor keuangan atau fintech.

Namun, kami bukan masuk tanpa perhitungan. Sebagai entitas bisnis, tentu kami memiliki kriteria dan sistem.

Dalam berinvestasi ke perusahaan rintisan fintech, MCI memilih menggunakan sistem penyertaan saham. Dengan sistem ini, MCI terlibat penuh dan ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan rintisan tersebut.

Sebagai pemegang saham, kami memiliki hak. Misalnya, untuk menempatkan orang dalam jajaran komisaris atau dewan direksi.

Kami juga bisa mendapatkan laporan yang lebih rutin serta membantu secara aktif manajemen perusahaan rintisan.

Kami bukanlah investor yang pasif, yang hanya menempatkan dana lalu dilepas, hanya mendapatkan laporan tahunan saja. Tidak seperti itu.

Keaktifan MCI adalah membawa rintisan itu mendekat ke Mandiri Group. Rintisan yang mendapatkan pendanaan kami kenalkan ke bisnis unit Mandiri Group.

Ini yang menjadi nilai lebih kami ketimbang perusahaan modal ventura lain.


Close [X]