: WIB    —   
indikator  I  

Kami ingin lari cepat meraih pertumbuhan

Oleh Fahmi Bagus Mahesa
Kami ingin lari cepat meraih pertumbuhan

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten akhirnya memiliki nakhoda baru, Fahmi Bagus Mahesa. Sebagai bankir, Fahmi memiliki rekam jejak yang moncer di ranah bisnis BPD. Kepada jurnalis KONTAN, Dikky Setiawan dan Merlinda Riska, dia menceritakan strategi kepemimpinannya di BPD Banten.

Saya masuk ke BPD Banten pada Juli tahun 2016 sebagai Direktur Bisnis. Sebelum masuk ke BPD Banten, saya telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB).

Pada April 2017, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Banten, saya diberi amanah untuk memimpin perusahaan ini.

Hal yang muncul pertama kali di benak saya ketika dipercaya memimpin BPD Banten ialah rasa tanggung jawab yang besar untuk memegang amanah pemegang saham. Saya harus memajukan BPD Banten lebih baik dari bank sebelumnya.

Sebelumnya, BPD Banten ialah bank umum, yakni PT Bank Pundi Tbk (Bank Pundi). Pada 2016, Pemerintah Provinsi Banten melalui Banten Global Development (BGD) mengakuisisi kepemilikan Bank Pundi. Saat ini, saham Pemprov Banten sekitar 51% di BPD Banten. Dan sekarang, kami sedang melakukan proses transformasi dari bank umum menjadi BPD.

Untuk itu, saya harus menyiapkan infrastruktur apa yang harus dibangun, bagaimana kebijakan yang harus diterapkan, dan pengembangan bisnis apa saja yang bisa dilakukan.

Dalam proses transformasi BPD Banten, saya terbantu pengalaman saat masih bekerja di BJB.

Singkatnya, saya tumbuh dan besar di BPD. Ini memudahkan saya untuk memetakan persoalan yang harus dibenahi di BPD Banten.

Di BJB, saya sempat jadi kepala cabang dan menjadi Pimpinan Wilayah BJB. Dengan pengalaman itu, saya memiliki pengetahuan tentang karakteristik bisnis BPD dan penduduk Banten serta potensi ekonominya yang jadi pasar kami.

Jadi, ketika dipercaya mengemban amanah sebagai pemimpin BPD Banten, saya langsung menerapkan dua strategi utama.

Pertama, untuk mendukung transformasi BPD Banten, saya harus menjalankan konsolidasi. Dulu, sebelum jadi direktur utama, konsolidasi bukan tanggung jawab saya.

Sebab, saya hanya fokus di pengembangan bisnis bank. Tapi sekarang, hal ini telah menjadi tanggung jawab saya juga.

Inti dari konsolidasi adalah bagaimana melakukan efisiensi di jaringan kantor yang dimiliki bank sebelumnya. Di sisi lain, kami juga harus memperkuat jaringan kantor di Banten.


Close [X]