: WIB    —   
indikator  I  

Kompetisi melahirkan orang pilihan

Oleh Rudi Chen
Kompetisi melahirkan orang pilihan

Meski baru ditunjuk menjadi Chief Executive Officer (CEO) bulan Mei 2017 ini, Asuransi Astra Buana bukanlah lingkungan asing bagi saya.

Saya sudah menjadi keluarga Astra Buana, karena sebelumnya menjadi CFO, setelah sebelumnya di Astra Agro Lestari.

Menjadi bagian dari Astra adalah fun. Kami memiliki lingkungan dan suasana yang nyaman untuk bekerja. Ada ruang bagi semua orang untuk bisa berkreasi, menciptakan added value.

Berbekal suasana kerja itu, kami berharap orang-orang di Asuransi Astra Buana adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif, sekaligus memiliki semangat berkompetisi.

Menurut saya, kompetisi akan memunculkan sifat-sifat terbaik individu. Tentu ini harus mengendepankan sikap fairness dan respect. Ini penting agar perusahaan kami diisi orang-orang dengan karakter diri yang bagus.

Mereka tak melihat kompetisi sebagai hal yang buruk karena persaingan tak sehat. Sebaliknya, mereka bisa melihat kalau kompetisi antar individu untuk melahirkan kreativitas sekaligis melahirkan orang-orang pilihan.

Sebagai pemimpin, kami harus mampu menciptakan itu. Meski begitu, saya lebih menekankan kesolidan tim. Tim solid akan menciptakan kreativitas, inovasi.

Makanya, saya tak pernah jemu selalu menyampaikan ke semua level untuk menjaga kekompakan tim.

Saya yakin, keberhasilan adalah keberhasilan tim, bukan karena individual. Dalam satu tim, satu dengan lain memberikan kontribusi sehingga target tercapai.

Tak ada satupun, bagian dari perusahaan yang tak penting, semua penting sesuai tanggungjawabnya.

Saya juga mempercayai ide yang terbaik, tidak datang menurut hierarki. Ide brilian tidak harus selalu datang dari top management, bisa saja dari middle management, atau bahkan orang yang di level bawah sekalipun.

Makanya, saya selalu menekankan kepada para manajer untuk menjaga kekompakan dan komunikasi, sehingga mereka mendapatkan masukan.


Close [X]