: WIB    —   
indikator  I  

Menjadi pelayan publik

Oleh Erlan Hidayat
Menjadi pelayan publik

Saat ditunjuk menjadi pemimpin di PAM Jaya, saya merasa bidang air minum yang ditangani perusahaan tak begitu asing.

Hal ini karena sebelumnya saya sempat diminta bekerja di PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengurusi rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengakuisisi saham PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja).

Berdasarkan pengalaman di pekerjaan sebelumnya, saya menjadi paham dan mengerti mengenai bisnis sektor air di Jakarta. Namun, begitu memimpin PAM Jaya, saya justru merasa cukup berat.

Pasalnya, budaya kerja karyawan yang berkembang disana adalah sebagai perusahaan pengawas dan bukan sebagai perusahaan pelayanan publik.

Ironisnya, budaya ini sudah berkembang cukup lama tanpa ada yang mengingatkan bahwa PAM Jaya punya kewajiban untuk melayani publik untuk penyediaan air minum.

Ketika mengetahui masalah ini, saya langsung berusaha mengubah budaya ini dan mengingatkan para karyawan soal pentingnya pelayanan publik.

Perlahan tapi pasti, kepercayaan masyarakat pun berhasil dibangun oleh perusahaan ini melalui pelayanan maksimal kepada konsumen.

Imbas dari perubahan budaya ini adalah produktivitas karyawan yang lebih terasa dan keuangan perusahaan lebih baik.

Oleh karena itu, setahun setelah saya memimpin PAM Jaya, utang perusahaan ini kepada Kementerian Keuangan (Kemkeu) atau Pemerintah Indonesia berhasil dilunasi.

Efek perubahan budaya kerja para karyawan ini juga membuat adanya inovasi yang dilakukan perusahaan.

Dengan orientasi pelayanan publik, para karyawan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Hal ini melahirkan sejumlah inovasi yang tak diduga sebelumnya.

Salah satu inovasi yang dilakukan PAM Jaya dalam beberapa tahun terakhir ini adalah meningkatkan kualitas air sehingga bisa langsung diminum tanpa harus dimasak.

Namun, saya mengakui bahwa inovasi ini belum bisa dirasakan oleh para konsumen lantaran air yang dialirkan PAM Jaya ini belum bisa langsung diminum oleh masyarakat karena dialirkan melalui pipa yang usianya sudah tua.


Close [X]