: WIB    —   
indikator  I  

Pasar yang sudah ada tidak boleh lepas

Oleh Halim Rusli
Pasar yang sudah ada tidak boleh lepas

Berangkat dari belakang rumah, PT Integra Indocabinet kini menjadi perusahaan terbuka yang produknya melanglang buana ke berbagai benua.

Halim Rusli, Presiden Direktur PT Integra Indocabinet, berbagi kisah dan rencana ke depan kepada jurnalis KONTAN, Titis Nurdiana, Putri Werdianingsih dan Mila Sari.

Saya memulai usaha itu sekitar pertengahan tahun 1989. Waktu itu, saya coba-coba mulai sendiri di bidang plastic houseware.

Selain plastik, kemudian juga ada yang divisi kayu. Seiring berjalannya waktu, ternyata usaha plastik waktu itu tidak bertahan karena banyak gejolak.

Soalnya, bikin plastik itu tergantung dari pasar luar. Ketika terjadi krisis misalnya, tentu pengaruh dan goncangannya cukup besar.

Lantas, setelah tiga tahun saya melepas bisnis plastik dan beralih fokus pada bisnis kayu. Untuk kayu, saya mulai membuat CD cabinet, karena waktu itu sangat populer sekali, khususnya di Amerika Serikat (AS). Pasar di AS saat itu sangat besar.

Saya sempat melihat satu pabrik pembuatan produk itu di Surabaya yang cukup gencar. Sehari bisa berproduksi 3 kontainer-4 kontainer. Alhasil, saya jadi tergiur.

Akhirnya saya belajar bagaimana cara membuatnya. Memang awalnya cukup sulit, karena waktu itu masyarakat Indonesia banyak yang belum tahu. Produk bisa diproduksi, namun kami kesulitan menjualnya.

Hingga akhirnya, pada 1992 Integra berhasil menembus pasar AS dan melakukan ekspor. Meski awalnya lebih mirip coba-coba, cuma satu kontainer hingga dua kontainer, namun perlahan tapi pasti, bisnis ekspor produk kayu kami kian besar.

Sedikit demi sedikit, kami berhasil membangun reputasi yang baik. Akhirnya IKEA juga melirik kami dan mulai menggandeng.

Dari IKEA, Integra tidak hanya membuat CD range tapi furnitur-furnitur yang simple tapi volume banyak. Waktu itu, kita merupakan pemasok terbesar IKEA di Indonesia.

Dari situlah Integra bisa terus bertumbuh didukung IKEA. Setelah itu, kami belajar membuat furnitur. Setiap tahun kami terus belajar banyak hal dari IKEA karena 90% kapasitas Integra itu untuk IKEA.


Close [X]