: WIB    —   
indikator  I  

Saat industri negatif, kami tumbuh tinggi

Oleh Suntoro
Saat industri negatif, kami tumbuh tinggi

Fokus pada produk asuransi public liability (tanggung gugat), kinerja PT Jasaraharja Putera berhasil melesat. Kepada jurnalis KONTAN Agung Jatmiko, Direktur Utama PT Jasaraharja Putera Suntoro, membeberkan kunci keberhasilan Jasaraharja Putera serta strategi kepemimpinan yang diterapkan dalam perusahaan.

Karier saya sejak awal memang dari PT Jasa Raharja (Persero), sejak tahun 1981. Sejak saya masuk, saya sudah pindah ke berbagai posisi dan berbagai daerah, terhitung sudah 16 kali.

Banyak posisi, kecuali di bidang teknologi informasi (TI), sudah pernah saya geluti.

Awalnya saya mulai berkarier di konter Jasa Raharja di Samsat kota Madiun pada tahun 1981. Hanya setahun di Samsat, saya pindah ke Surabaya tahun 1982 untuk menjadi tim surety bond.

Waktu itu yang punya surety bond hanya Jasa Raharja. Tiga tahun kemudian, karier saya sudah naik menjadi kepala seksi surety bond.

Setelah itu, saya pindah lagi, kembali ke Madiun sebagai kepala perwakilan di tahun 1987. Tak lama setelah menjadi kepala perwakilan, saya ditugaskan untuk membuka kantor perwakilan di Malang.

Baru kemudian di tahun 1991, saya pindah ke Jakarta, ke kantor pusat sebagai kepala bagian pemasaran, tapi cuma sebelas bulan, lantaran saya ditugaskan lagi ke Bengkulu sebagai kepala cabang.

Saya bertugas sebagai kepala cabang Bengkulu selama tiga tahun, sebelum ditugaskan ke PT Jasaraharja Putera sebagai kepala cabang Semarang. Waktu itu, Jasaraharja Putera memang baru terbentuk.

Dua tahun saya bertugas sebagai kepala cabang Semarang, saya dipindah ke Bandung sebagai kepala cabang. Dua tahun kemudian, saya dipindah lagi ke Surabaya sebagai kepala cabang juga.

Setahun di Surabaya, saya dipindah lagi ke Jakarta. Setahun kemudian saya ditugaskan ke kantor pusat Jasaraharja Putera, sebagai kepala Divisi Underwriting pada tahun 2001.

Setelah itu, saya pindah ke Medan selama dua tahun dan kemudian ditarik ke pusat, bertugas sebagai sekretaris perusahaan di Jasa Raharja.

Setelah bertugas sebagai sekretaris perusahaan, saya menjabat sebagai direktur SDM & Umum di Jasa Raharja, baru kemudian saya ditugaskan lagi ke Jasaraharja Putera sebagai direktur pemasaran. Tahun 2014, baru saya diangkat sebagai direktur utama.

Bicara tentang Jasaraharja Putera, fokus perusahaan ini memang ke asuransi public liability. Kami lebih fokus ke kebutuhan asuransi untuk ritel. Memang, premi per polis lini ini tidak begitu besar dan jangka waktunya biasanya setahun.


Close [X]