: WIB    —   
indikator  I  

Saya berharap semua karyawan agresif

Oleh Kim Dae Young
Saya berharap semua karyawan agresif

Memimpin perusahaan baru, hasil kolaborasi perusahaan asing dan lokal, tentu membutuhkan keterampilan tersendiri. Selain budaya kerja yang berbeda, ada target kinerja yang mesti dipenuhi.

Kepada jurnalis KONTAN Agung Jatmiko, Presiden Direktur Shinhan Indo Finance Kim dae young membeberkan strateginya.

Saya telah bekerja di industri keuangan kurang lebih 27 tahun. Selama periode tersebut, saya tidak pernah berpindah perusahaan. Saya mulai bekerja di Shinhan Card Co. Ltd. dan sampai sekarang tetap berkarya di perusahaan ini, termasuk di Indonesia sekarang, sebagai pucuk pimpinan Shinhan Indo Finance.

Selama karier saya, sudah banyak departemen saya singgahi, mulai dari penjualan dan pemasaran selama 10 tahun, risk management selama 10 tahun, dan pernah juga di bagian IT. Tak hanya di bagian kartu, saya juga sempat menjajal multifinance, termasuk urusan debit card.

Memimpin Shinhan Indo Finance tentu merupakan pengalaman yang menantang buat saya. Sebelum ada kolaborasi, perusahaan ini hanya bergerak di pembiayaan.

Dengan berubahnya nama sebagai konsekuensi kolaborasi antara Shinhan Card Korea, Indomobil Group, dan Asuransi Central Asia (ACA), praktis lini bisnis tak hanya pembiayaan, tetapi juga masuk satu lini bisnis baru yang dibawa dari Korea Selatan, yakni credit card.

Tugas saya yang utama selain membesarkan perusahaan ini, tentu memperkenalkan konsep kartu kredit dari Shinhan Indo Finance kepada masyarakat Indonesia. Meski baru, saya optimistis kartu kredit Shinhan Indo Finance bisa diterima secara cepat.

Kami pun tak ragu untuk bersaing dengan institusi-institusi keuangan yang sudah ada karena potensi Indonesia sangatlah besar. Contoh saja, dari 250 juta jiwa penduduk, yang sudah memiliki kartu kredit baru 17 juta. Nah, ini setidaknya bisa menjadi bukti bahwa pasar Indonesia masih luas.

Dibandingkan posisi saya sebelum ini, posisi sekarang punya tanggung jawab berbeda. Sebelumnya, saya bekerja di Shinhan Card, yang merupakan bagian dari Shinhan Financial Group.

Sementara, di Shinhan Indo Finance, karena perusahaan ini merupakan perusahaan gabungan, tentu saya tak hanya berkoordinasi dengan kantor pusat di Korea Selatan, tapi juga dengan Indo Mobil serta ACA sebagai partner.

Tantangan lain, perbedaan budaya yang bisa dikata mencolok antara Indonesia dan Korea Selatan. Utamanya soal cara kerja dan kemampuan mendalami suatu masalah. Tapi, saya yakin, semakin berjalannya waktu, perbedaan ini akan terkikis.


Close [X]