: WIB    —   
indikator  I  

Saya sangat yakin dengan konsep kami

Oleh Nikita Semenov
Saya sangat yakin dengan konsep kami

Berbekal keyakinan akan konsep hotel murah, Nikita Semenov meninggalkan karier cerahnya di sektor jasa keuangan.

Kepada jurnalis KONTAN Agung Jatmiko, pendiri Zen Rooms ini membeberkan upayanya mengantarkan Zen Rooms di posisi kelima pemain hotel budget di tanah air hanya dalam tempo satu tahun.

Sebelum bergabung dengan dua kawan untuk mendirikan Zen Rooms, saya tidak punya latar belakang industri hotel dan pariwisata.

Awal karier saya justru di industri keuangan, sebagai analis di HSBC di London, Inggris. Sempat pula mencicipi dunia investasi pengelolaan dana di Nordea Asset Management di Luxembourg, sebagai Product Manager & Sales.

Saya akhirnya meninggalkan dunia tersebut dan bergabung bersama dua kawan saya untuk mengembangkan Zen Rooms.

Sekilas, mungkin langkah yang saya ambil sedikit berisiko, mungkin malah sangat berisiko di mata orang-orang. Tapi, saya sangat yakin dengan konsep kami.

Lalu, untuk menggapainya, tentu tidak bisa dengan upaya yang setengah-setengah. Kami harus fokus 100% mengembangkan konsep kami.

Saya berani keluar dari industri keuangan karena saya sangat percaya dengan konsep Zen Rooms dan saya sangat yakin konsep ini bisa sukses. Dan, terbukti benar adanya, Zen Rooms kini membuktikan diri mampu bertarung di industri yang persaingannya berat.

Hadir di tujuh negara di Asia Tenggara dan Brazil, tak hanya survive, kami juga sukses mengguncang industri perhotelan di lini hotel budget. Kami buktikan di Filipina, dan kini akan kami buktikan lagi di Indonesia.

Kami hadir di Indonesia sejak 2016. Waktu itu, kami mulai dengan tiga hotel tapi sekarang kami sudah beroperasi dengan 500 hotel dengan jumlah kamar mencapai 3.000.

Perkembangan ini membuat kami masuk dalam jajaran lima besar pemain hotel budget Indonesia. Fantastis memang, mengingat semua dilakukan dalam kurun waktu setahun.

Indonesia jelas merupakan daerah yang sangat potensial bagi kami. Sebab, Indonesia memiliki begitu banyak pengusaha hotel yang independen dengan properti milik sendiri.

Selain itu, negara ini selalu ramai dikunjungi orang, mulai dari Eropa, Amerika, Asia, baik untuk pariwisata maupun berbisnis. Belum lagi, perjalanan yang dilakukan oleh orang Indonesia sendiri, local travelers juga semakin banyak.

Ketiadaan standardisasi bagi budget hotel jelas merupakan kelemahan bagi pengembangan pariwisata suatu negara.

Untuk itulah kami ada, untuk mengguncang industri pariwisata Indonesia dengan sistem yang jelas, menciptakan standardisasi hotel budget sehingga menguntungkan semua pihak, mulai dari konsumen dan mitra kami, terutama konsumen.

Selama ini, meski menyandang nama hotel budget alias hotel murah, harga kamar yang dibebankan kepada konsumen, menurut kami, masih terbilang mahal.


Close [X]