: WIB    —   
indikator  I  

Spirit Perubahan demi Kepuasan Konsumen

Oleh Rudy Chen
Spirit Perubahan demi Kepuasan Konsumen

Bertekad menjadi most admired general insurance di Indonesia, PT Asuransi Astra Buana fokus pada konsumen lewat beragam layanan digital.

Kepada jurnalis KONTAN, Agung Jatmiko, Chief Executive Officer Asuransi Astra Buana, Rudy Chen menjelaskan langkah-langkah strategis mengembangkan layanan digital.

Saya ditunjuk sebagai Chief Executive Officer PT Asuransi Astra Buana atau Asuransi Astra itu bulan April tahun ini. Namun, Asuransi Astra bukanlah lingkungan yang asing buat saya.

Sebab, saya pernah menjabat sebagai direktur keuangan atau Chief Financial Officer (CFO) selama periode tahun 2009 hingga 2013, sebelum saya ditugaskan ke Astra Agro Lestari pada tahun 2013 sampai 2017.

Goal kami adalah menjadi most admired general insurance di Indonesia. Arah menuju ke sana sebenarnya sudah dimulai sejak 2015 dengan masuknya kami ke kanal digital, ditandai dengan peluncuran garda mobile otocare. Tahun 2016, secara internal kami sudah menerapkan sistem digital.

Tahun lalu, kami juga fokus dalam peningkatan layanan kepada konsumen. Salah satunya adalah kemunculan Garda Centre, yang ada di pusat perbelanjaan atau mal.

Dengan adanya Garda Centre, konsumen tidak perlu lagi ke kantor cabang yang jam buka kantornya nine to five, Senin sampai Jumat.

Nah, kalau Garda Centre ini buka dan tutupnya mengikuti jam mal, yakni jam 10.00 sampai 22.00 dan waktu beroperasinya Senin sampai Minggu, kecuali hari libur nasional.

Fungsi Garda Centre ini utamanya untuk pengurusan klaim, karena bisa memudahkan konsumen manakala dia mau melakukan klaim namun kantor cabang yang ada di daerahnya agak jauh.

Jadi, konsumen bisa mengurus klaim sembari berjalan-jalan di mal. Saat ini, Garda Centre sudah ada di 22 mal di Jabodetabek, Bandung, Medan, Pontianak, Kediri, Surabaya, dan Batam.


Close [X]