kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.463
  • LQ45935,48   10,30   1.11%
  • SUN97,14 0,42%
  • EMAS606.004 0,84%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Bersama bekerja membangun keluarga

Oleh Wirry Tjandra
Bersama bekerja membangun keluarga

Sebagai seorang pemimpin di Familymart, memiliki dua pilihan, pertama memilih menjadi pemimpin yang keras terhadap tim kerja. Kedua, menjadi pemimpin yang menganggap karyawan seperti keluarga.

Sesuai dengan slogan FamilyMart yaitu welcome to the family, saya memilih untuk menjadi pemimpin yang mengutamakan kekeluargaan.

Maka itu, saya mencoba membangun serta menumbuhkan rasa kekeluargaan ke karyawan dalam bekerja.

Mereka tak semata-mata bekerja untuk menggugurkan kewajiban sebagai karyawan yang mendapat perintah dari atasan atau pemimpin.

Tapi, mereka memiliki tanggungjawab untuk perusahaan, atas apa yang harus dikerjakan dan diwujudkan.

Saya memiliki panutan pemimpin, yakni Pak Djoko Susanto, pendiri sekaligus pemilik Alfamart. Menurut saya, dalam memimpin perusahaan, beliau selalu mengutamakan kekeluargaan. Beliau sangat baik dan bijaksana.

Saya berusaha terus mengimplementasikan gaya kepemimpinan beliau, terutama mengutamakan kekeluargaan dalam kerja.

Dalam menjalankan bisnis ritel, ada momen perusahaan di bawah alias lesu . Ada juga momen saat perusahaan di atas.

Hal terpenting yang saya yakini ketika di bawah, masih ada Tuhan yang selalu membantu kita.

Selain itu, saya bersama tim bersama-sama melakukan inovasi-inovasi agar keluar dari keterpurukan dengan terus melakukan perubahan.

Dalam menjaga komunikasi yang baik dengan karyawan, saya selalu terbuka untuk karyawan. Untuk mempererat kebersamaan, FamilyMart juga rutin mengadakan acara khusus yaitu gathering dengan karyawan.

Kami menghabiskan waktu dua hari dua malam untuk bersama dengan harapan agar kebersamaan makin erat antarkaryawan. FamilyMart juga rutin mengadakan buka puasa bersama tiap Ramadan.

Menurut saya, dengan kegiatan-kegiatan tersebut akan lebih mendekatkan satu dengan yang lain. Saya menjadi lebih tahu keadaan toko, tahu kendala yang ada di gerai sampai masalah yang dihadapi oleh karyawan.

Hal kecil lainnya yang dapat mempererat kebersamaan adalah jika ada karyawan yang ulang tahun, saya menelepon mereka untuk memberi ucapan selamat. Bagi saya, perhatian kecil ini dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan.

Di FamilyMart juga ada program khusus untuk setiap karyawan yang akan bekerja di kantor pusat, mereka harus bekerja di toko terlebih dahulu minimal 2 minggu.

Sehingga, mereka tahu kondisi toko seperti apa, tahu cara kerja di toko, dan paham kendalanya.

Nantinya ketika membuat kebijakan, mereka dapat menentukan kebijakan itu dapat dijalankan atau tidak dengan kondisi toko. Jangan sampai karywan di kantor pusat tidak tahu kondisi lapangan.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan oleh pemimpin, menurut saya adalah jangan labil. Saya harus berkomitmen dengan apa yang sudah diputuskan dan harus bisa mencapai putusan itu.

Sebagai pemimpin, saya juga harus memberikan target reasonable untuk karyawan, jangan memberikan target yang terlalu tinggi sehingga karywan tak mungkin mencapainya. Target itu akan menjadi hal percuma.

Yang juga penting adalah memberi apresiasi jika karyawan berhasil dalam mencapai target.

Hal lain yang tak bisa ditawar adalah layanan ke pelanggan serta kualitas produk. Service excellent, dan terus meningkatkan kualitas produk dengan harga terjangkau harus jadi prioritas.


Close [X]