kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.619
  • LQ45904,78   -7,59   -0.83%
  • EMAS590.870 -0,68%

Beternak ayyam halal untuk pasar dunia

Oleh Tjiu Thomas Effendy
Beternak ayyam halal untuk pasar dunia

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk kembali mendapatkan tiket ekspor ayam ke Jepang. Nilai jualnya adalah ayam halal untuk konsumen muslim.

Kini, perusahaan yang bermarkas di Thailand itu membidik peluang ekspor ayam halal ke Timur Tengah.

Tjiu Thomas Effendy, Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Tbk, membeberkan strateginya kepada Jurnalis KONTAN, Asnil Bambani Amri.

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk adalah perusahaan tempat saya bekerja pertama kali. Hingga kini, sudah 38 tahun saya bekerja di Charoen Pokphand.

Saya memulai karir dari staf keuangan pada tahun 1983. Pada saat itu, saya masih kuliah tingkat tiga di jurusan Ekonomi Akuntansi di Universitas Tarumanegara.

Dalam bekerja, saya mengalami beberapa kali rotasi, mulai di bisnis pakan, breeding termasuk usaha pabrik benih, jagung, udang, dan lainnya.

Pada 1992 saya sempat ke Human Resources Development (HRD) sampai 1995, sebelum kembali mengurus keuangan.

Dari rotasi posisi itu, saya membuat kesimpulan, hal yang utama dalam bekerja adalah attitude dan kepribadian.

Jika kedua hal tersebut bisa kita pegang, maka kita akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan untuk tumbuh.

Saya mendapatkan bekal attitude dari keluarga. Orangtua mengajarkan saya untuk jujur. Tamat sekolah saya merantau ke Jakarta untuk kuliah.

Saat itu, Bapak berpesan, jangan pernah anggap musuh sebagai lawan, jadikan dia sebagai teman minimal hanya bertegur sapa. Karena bisa saja kita membutuhkan mereka kelak.