kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.870
  • LQ45928,00   -15,43   -1.64%
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS609.032 -0,82%

Bisnis pengiriman tidak ada matinya

Oleh Robin Lo
Bisnis pengiriman tidak ada matinya

Perkembangan era digital di dalam negeri menjadi peluang PT Global Jet Express atau J&T Express mengembangkan bisnis pengiriman e-commerce.

Selain memperkuat pasar di dalam negeri, J&T Express juga menyiapkan sejumlah agenda ekspansi. Kepada Jurnalis KONTAN Adinda Ade Mustami, Chief Executive Officer J&T Express membeberkan rencana ekspansi dan strateginya tersebut.

Sebelum bergabung dengan PT Global Jet Express atau J&T Express, saya menjabat sebagai Regional General Manager untuk PT Indonesia OPPO Electronics.

Tahun 2013 Oppo masuk Indonesia, saya merupakan satu dari tiga orang pertama Oppo Indonesia. Bahkan saya adalah orang Indonesia pertama yang bergabung di Oppo Indonesia.

J&T Express merupakan perusahaan milik mantan Chief Executive Officer (CEO) Oppo Indonesia Mr Jet Lee. Ceritanya, dulu kami punya kendala di Oppo, yaitu pengiriman agak lambat.

Kemudian pengalaman setiap peak season menjelang Lebaran, H-10 itu biasanya jasa pengiriman express sudah mulai tak beroperasi. Pengiriman Oppo pun enggak jalan. Sedangkan kami butuh untuk jualan.

Jadi kami pikir, kenapa enggak membuat perusahaan logistik sendiri. Nah, berasal dari situ, saya meninggalkan Oppo Indonesia pada Mei 2015 dan 1 Juni 2015 sudah perencanaan untuk mulai bisnis J&T Express. Karena itulah secara resmi, J&T Express berdiri pada Agustus 2015.

Fokus awal kami sebenarnya pengiriman Oppo. Pada 1 September 2015, kami mulai dengan percobaan pengiriman dan berjalan lancar.

Dalam perjalanannya, ternyata di beberapa cabang kami ada permintaan pengiriman barang. Pada 1 November 2015 kami buka pengiriman untuk umum.

Di awal berdirinya, belum ada posisi yang jelas. Saya mulai dengan Mr Jet, kemudian baru merekrut karyawan kurang lebih 15 hingga 18 orang.

Mr Jet menjabat CEO, dan saya sebagai Managing Director. Pada Oktober 2017, saya dipercaya menjadi CEO menggantikan Mr Jet. Saat ini, jumlah karyawan J&T Express telah mencapai 16.000 orang.

Meski berganti kepemimpinan dari Mr Jet ke saya, visi dan misi perusahaan tetap sama. Kami ingin membangun perusahaan pengiriman express yang berbasis teknologi.