kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.595
  • SUN93,03 -0,06%
  • EMAS610.041 0,33%
EXECUTIVE / CEO's TALK

Chiefy Adi Kusmargono

oleh Memulai bangunan kultur dengan cinta - Direktur Utama PT IKT

Senin, 27 Agustus 2018 / 15:05 WIB

Chiefy Adi Kusmargono



Memimpin sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ternyata tak melulu saklek, tapi tetap harus sukses.

Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal , Chiefy Adi Kusmargono membeberkan strateginya kepada jurnalis KONTAN, Fransiska Firlana di kantornya daerah Cilincing, Jakarta Utara. Apa saja yang telah dan akan ia lakukan?

Sebelum saya memimpin PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), selama dua tahun sembilan bulan saya memimpin Pelabuhan Indonesia atau IPC di Banten.

Dalam kurun waktu itu, bersama dengan tim, IPC Banten bisa naik kelas dari Pelabuhan Kelas II menjadi Kelas Utama. Padahal dalam tiga dekade berstatus pelabuhan kelas II.

Saya pun melakukan gerak cepat ketika mendapat mandat memimpin IKT. Yang pertama saya lakukan adalah melakukan transformasi bisnis dan budaya dalam lingkungan perusahaan.

Visi perusahaan harus ditajamkan menjadi perusahaan pengelola kendaraan berkelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan. Untuk menjadi pengelola kendaraan berkelas dunia tentu harus memenuhi beberapa syarat.

Misalnya melakukan branding yang baik, fasilitas infrastruktur modern, dan sistem terintegrasi.

Untuk mewujudkan visi itu, salah satunya saya mencoba membuat kultur berbasis cinta. Cinta ini memiliki kepanjangan dan masing-masing memiliki makna. C itu costumer centric.

Tim IKT harus proaktif mencari tahu dan memahami kebutuhan pelanggan dengan memberikan solusi inovatif.

Harus bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan konsisten memberi pelayanan terbaik yang berkualitas untuk pelanggan dalam tumbuh dan berkembang.

I itu intergrity, lebih pada perilaku dan sikap yang harus dipegang dari sisi disiplin, kepercayaan, profesional, dan jujur serta patuh pada kode etik bisnis dalam pekerjaan.

N, nationalism. Kami harus bersama-sama menumbuhkan semangat ikut berperan mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan nasional. Selalu menumbuhkan rasa bangga dan semangat nasionalisme.

Mampu terus berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan pengelola pelabuhan kelas dunia.

T, team work. Kami harus mampu berkolaborasi dengan tim untuk mendapatkan hasil terbaik, dari ide-ide yang bisa diimplementasikan untuk solusi kebutuhan pengguna jasa terminal kendaraan.

Terakhir A, action. Berani bermimpi dan berusaha mewujudkan, proaktif, serta melakukan terobosan dengan langkah nyata dalam mendorong perkembangan perusahaan.

Dengan CINTA kami mewujudkan tekad untuk menjadi pengelola kendaraan terminal berkelas dunia.

Nah, untuk menumbuhkan semangat itu tentu suasana lingkungan kami bekerja pun harus nyaman, memiliki fasilitas lengkap, aman, bersih.

Juga atmosfir menyenangkan tetap tetap produktif. Makanya saya minta sediakan fasilitas kerja, olahraga, dan hiburan di kantor ini yang punya nilai fungsional dan estetis.

Sebagai kantor BUMN, kantor kami cukup modern. Artpop, mulai dari warna cat, hiasan dinding, sampai dengan furnitur, semua tampil modern.


TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0115 || diagnostic_api_kanan = 0.0739 || diagnostic_web = 0.6223

Close [X]
×