kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.619
  • LQ45904,78   -7,59   -0.83%
  • EMAS590.870 -0,68%

Fintech & e-commerce bukan kompetitor

Oleh Paulus Sutisna
Fintech & e-commerce bukan kompetitor

Membuka layanan perbankan digital menjadi target Paulus Sutisna, orang nomor satu di Bank DBS Indonesia.

Bagi Paulus, siapa yang bisa memberikan layanan transaksi keuangan yang mudah, nyaman, murah dan reliable, maka dialah yang akan menjadi pemenang. Berikut penuturan CEO Bank DBS Indonesia kepada jurnalis KONTAN, Asnil Bambani Amri.

 

Fakta saat ini, pengguna ponsel pintar atau smartphones di Indonesia mencapai 80 juta lebih. Smartphone itu telah mengubah banyak hal, termasuk pola belanja dan transaksi keuangan. Dengan ponsel pintar, transaksi keuangan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tengok saja GoPay, produk pembayaran dari GoJek yang pertama kali hanya untuk bayar ojek, kini bisa melayani banyak pembayaran. Perubahan ini semakin cepat belakangan.

Inilah hasil perkembangan teknologi digital. Kami membaca kondisi ini sejak 2015. Sejak itulah kami di regional memiliki visi digital dan ingin memberikan layanan transaksi keuangan dan perbankan secara digital.

Konsumen mencari layanan yang mudah dioperasikan, nyaman, murah dan reliable. Siapa yang bisa melakukan empat layanan tersebut, dialah yang akan menjadi pemenang.

Komitmen DBS terjun ke digital dilakukan dengan melakukan riset tahun 2015. Sejak itu kami susun produk perbankan digital bernama Digibank.

Produk ini lahir 2016. Pertama kali kami gunakan di India, dan setahun setelah itu, tepatnya Agustus 2017 kami luncurkan juga di Indonesia. India dan Indonesia memiliki kemiripan, karena sudah memiliki identitas elektronik.

Saat awal diluncurkan, akun baru yang mendaftar hanya 60 akun per hari. Saat ini rata-rata sudah mencapai 1.000 akun per hari. Target kami dalam lima tahun memiliki 3,5 juta akun Digibank.

Produk ini kami sebut digital karena pembuatan akun tak perlu ke bank (branchless). Pembuatan akun cukup mengunduh aplikasi Digibank di playstore atau iOS. Setelah itu persiapkan eKTP, dan selanjutnya tinggal mengatur janji bertemu agen Digibank kami.

Untuk bertemu dengan agen Digibank kami, bisa dilakukan di rumah atau di kantor. Selain itu bisa bertemu di 21 jaringan kafe yang telah bekerjasama dengan Bank DBS Indonesia.

Di kafe itu, kami telah menempatkan reader yang bisa membaca chip di eKTP. Alat itu bisa membaca dan membandingkan sidik jari pada eKTP dengan sidik jari asli.

Jika sama, berarti data valid dan akun Digibank bisa langsung diproses, dan kartu debit dikirim ke rumah atau kantor konsumen.

Nah, layanan Digibank ini tak hanya untuk membuka rekening, tetapi juga dipersiapkan untuk semua layanan produk perbankan DBS.

Keuntungan lain Digibank adalah gratis biaya transfer uang ke bank manapun, dan gratis menarik uang di tunai di ATM manapun. Selain itu juga gratis bertransaksi perbankan lainnya seperti layanan RTGS.