kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.595
  • SUN93,03 -0,06%
  • EMAS610.041 0,33%
EXECUTIVE / KOPI PAGI

Harus jadi role model, militan dan fleksibel

oleh Frans Kesuma - Presdir PT Pamapersadana Nusantara

Rabu, 20 Juni 2018 / 17:19 WIB

Harus jadi role model, militan dan fleksibel



Sebagai perusahaan kontraktor jasa pertambangan, PT Pamapersada Nusantara memiliki lebih dari 20.000 karyawan. Guna menjaga serta meningkatkan kinerja perusahaan, ada dua prinsip penting kepemimpinan yang kami lakukan.

Pertama, pemimpin harus dapat menjadi role model bagi bawahannya. Ini tidak hanya berlaku untuk saya, tapi juga pimpinan-pimpinan lain yang ada di perusahaan.

Misal dalam kerja lapangan ada pemimpin proyek, maka ia harus menjadi role model bagi bawahannya.

Maka yang harus selalu diingat oleh leader adalah ia jadi role model. Pimpinan akan selalu lihat dan dicontoh oleh bawahan. Penting bagi pemimpin untuk memberikan contoh baik. Dengan begitu, bawahan akan meniru hal baik juga.

Kedua, militansi menjadi prinsip yang tak kalah penting yang harus dimiliki oleh pemimpin. Artinya, kami bekerja dengan maksimal untuk perusahaan.

Pekerja yang tak memiliki passion tak akan memberikan hal terbaik untuk perusahaan, ketika karyawannya tak bekerja maksimal maka perusahaan berada di kondisi yang sulit.

Kami meyakini militan dan role model saling berkaitan. Jika atasan tak maksimal bekerja, jangan harap bawahan bekerja secara maksimal.

Selain menerapkan dua prinsip itu, kami selalu melakukan inovasi dalam perusahaan agar kian maju, misalnya dengan penggunaan teknologi dalam kinerja perusahaan.

Meski kami merupakan perusahaan labour intensive, kami selalu mengikuti perkembangan teknologi. Misal penggunaan drone untuk mempercepat pemantauan lapangan.

Mengikuti perkembangan teknologi, bagi kami, bukan hanya mengikuti tren, tapi teknologi harus benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan secara sistem.

Kami percaya secanggih apapun teknologi, kalau orangnya tak militan, tak akan memberi dampak baik yang signifikan untuk perusahaan.

Sebagai pimpinan, kami juga jadi jembatan untuk seluruh karyawan. Kami harus fleksibel melihat kondisi atau perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar.

Misalnya sekarang ini ada yang namanya generasi milenial, yang memiliki ciri khas sendiri dalam bekerja. Generasi ini lebih ingin didengar, beda dengan zaman dulu yang lebih banyak ke intruksi.

Jadi kami harus fleksibel dalam menangani permasalahan-permasalahan perusahaan. Sebagai pimpinan kami terus mengupayakan agar perusahaan terus berkembang.

Ada beberapa penghargaan yang kami dapat, salah satunya dalam ajang Indonesia Marketing Champion 2014, namyn bagi kami itu bonus. Jangan sampai karena dapat penghargaan jadi sombong, malah mengganggu kinerja perusahaan.

Agar komunikasi dengan karyawan lancar, saya tak menerapkan sistem birokrasi. Karyawan dari semua kelas dapat berdiskusi dan bertemu dengan saya kalau memang ada waktu.

Ini mempermudah kami dalam mendapat informasi jika ada permasalahan yang perlu dikonfirmasi. Alhasil, semua permasalahan yang ada di bawah dapat segera diketahui atasan-atasan.

Pun sebaliknya, jika ada informasi dari atasan akan cepat sampai ke telinga karyawan.

Terlebih kami kan perusahaan kontraktor, hubungan komunikasi dengan semua karyawan harus berjalan lancar. Sistem komunikasi yang cepat akan mempermudah kami meningkatkan kinerja.

Selain itu, evaluasi para pimpinan juga terus dilakukan. Sekiranya ada yang kurang pas dapat diperbaiki.

Reporter: Frans Kesuma
Editor: mesti.sinaga

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0132 || diagnostic_api_kanan = 0.0537 || diagnostic_web = 0.9616

Close [X]
×