kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.870
  • LQ45928,00   -15,43   -1.64%
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS609.032 -0,82%

Inovasi digital harus dekat dengan masyarakat

Oleh Surjandy Jahja
Inovasi digital harus dekat dengan masyarakat

Menjadi salah satu pendiri, sekaligus direktur di PT Krena Grha Indonesia mengharsukan saya memberi direction yang jelas atas visi perusahaan ke depan.

Fokus kami adalah menyalurkan investasi ke beberapa perusahaan yang menawarkan layanan digital sebagai solusi pembayaran dan distribusi produk digital.

Tujuan yang kami ingin raih adalah mampu memberikan kemudahan masyarakat dalam bertransaksi.

Harus diakui, digital adalah sektor yang bergerak sangat cepat. Ia tak akan pernah menunggu kita.

Dengan begitu, kita yang harus bergerak cepat untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat dalam bertransaksi.

Caranya adalah dengan pengembangan infrastruktur. Ini harus menjadi strategi inti untuk mewujudkan perusahaan digital sevagai integrator bisnis.

Bagi Kresna, menciptakan sebuah produk adalah buah atau hasil dari apa yang sebelumnya kami telah kerjakan.

Jadi, produk bukan menjadi yang nomor satu. Tapi membangun fnfrastruktur yang menjadi fokus utama Kresna.

Saya percata, digital infrastructure yang kuat menjadi strategi kunci pertama untuk Kresna dalam menjalankan produk-produk digital lintas sektor.

Oleh karena itu, kami memilih membangun infrastruktur ketimbang melakukan berbagai macam strategi pemasaran.

Jika infrastruktur telah siap, maka inilah yang akam menggerakkan produk-produk Kresna ke depan.

Makanya, fokus utama kami adalah membangun infrastruktur yang andal, bisa mengikuti perkembangan zaman sebagai modal dalam menggerakan semua lini bisnis dan produk kami ke depan.

Kunci lain yang tak kalah penting bagi perusahaan digital seperti kami adalah partnership.

Kerjasama dengan pihak lain membuat kami kami komplit. Bagi kami, kerjasama bisa saling melengkapi dan bisa berkembang bersama.

Dalam berbisnis, kami bahkan tidak ada ambisi untuk bisa mengakuisisi suatu perusahaan sehingga kepemilikan saham sampai 100%. Bagi kami, menjalin kemitraan akan membuat ekosistem perusahaan menjadi sangat kuat.

Dalam berbisnis, kami mengombinasikan berbagai macam sektor bisnis, yakni IT dengan layanan finasial seperti PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) serta PT NFC Indonesia Tbk (NFCX). Keduanya berkembang sangat baik.

Sebagai integrator bisnis digital, kami berusaha tetap natural use case product. Artinya, dalam melakukan kombinasi sektor digital dengan sektor lainnya, inovasi yang kami ciptakan selalu berkaitan dengan produk yang secara alamiah diperlukan masyarakat.

Ini terbukti, kedekatan dengan kebutuhan masyarakay maka di lini bisnis di bidang financial technology (fintech), setiap harinya perusahaan kami bisa mencatat lebih dari 1 juta transaksi.

Sedangkan di lini bisnis bidang hiburan platform streaming OONA juga berhasil peningkatan pengguna yang signifikan setiap harinya bisa mencapai 50.000 pengguna.

Tantangan bisnis kami juga tak mudah. Ada perusahaan yang telah kami suntik modal, tapi performanya lambat.

Banyak faktor yang jadi sebab, antara lain tim yang kurang solid, kinerja yang lambat serta kompetitor dengan pergerakan yang lebih cepat.

Tapi inilah tantangan berbisnis digital. Cepat, bahkan lebih cepat dengan apa yang kita pikirkan. Inovasi dan cermat dalam melihat peluang menjadi penting.