kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.181
  • EMAS627.194 0,65%
EXECUTIVE / CEO's TALK

Kami punya pasar beda dengan mobil baru

oleh Halomoan Fischer Lumbantoruan - Presiden Direktur Mobil88

Senin, 16 Juli 2018 / 13:46 WIB

Kami punya pasar beda dengan mobil baru



Bisnis mobil bekas tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Semakin banyak mobil baru terjual, bisnis mobil bekas masih berkibar.

Meski pelaku bisnisnya bertebaran, namun yang punya jaringan mobil bekas nasional hanya Mobil88.

Kepada Jurnalis KONTAN, Asnil Bambani Amri, Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur Mobil88 menjelaskan strategi bisnisnya.

Tantangan terbesar bisnis Mobil88 saat ini adalah, pengembangan kanal digital untuk mobil bekas. Karena semua praktisi bisnis melirik ekspansi ke ranah digital ini.

Meski digital itu alam baru bagi kami, tetapi semuanya akan mengarah ke sana. Ini juga sesuai dengan tren pasar yang juga mengarah ke digital.

Untuk itu, kami sedang mempersiapkan kanal digital tersebut. Namun kami mesti hati-hati, kanal digital mobil bekas harus punya konsep berbeda.

Sebab, menjual mobil bekas berbeda dengan menjual ponsel yang bisa dikirim lewat kurir. Kalau mobil bekas tidak bisa, karena pembelinya mesti datang ke showroom untuk melihat dan merasakan langsung mobil bekas yang akan mereka beli.

Di Indonesia memang sudah banyak startup dan web marketplace yang memajang mobil bekas untuk dijual. Tetapi, mobil dagangan itu bukan milik yang punya web.

Terkadang saat konsumen menghubungi, mobil yang dipajang sudah tak ada. Makanya kami tidak tertarik berjualan mobil bekas dengan konsep marketplace.

Kami lebih memilih menjual mobil dengan konsep digital showroom yang bisa diakses secara online dan mobilnya ready stock di gerai offline, mirip konsep online to offline (O to O).

Dengan layanan ini, konsumen bisa mendapatkan informasi awal mobil bekasnya secara online, dan tetap melihat dan merasakan langsung mobilnya di showroom offline.

Jika tak ada halangan, platform kanal digital ini akan kami rilis kuartal keempat tahun ini. Walaupun platform digital mobil bekas banyak, namun kehadiran mereka sampai saat ini bukan jadi kompetitor bagi kami.

Yang menjadi kompetitor kami justru showroom mandiri yang jumlahnya banyak dan tersebar dari kelas rumahan sampai dengan showroom kelas gedongan.

Yang jelas kami tetap lebih unggul dari pada showroom mandiri. Karena kami memiliki jaringan 20 showroom di nasional, sebanyak 11 showroom di Jabodetabek, sisanya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Medan, Pekanbaru, Palembang dan Bali.

Tahun ini kami akan tambah showroom lagi di Kebon Jeruk Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.


TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0101 || diagnostic_api_kanan = 0.0758 || diagnostic_web = 0.4292

×