kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.245
  • EMAS682.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%
EXECUTIVE / CEO's TALK

Kami tengah siapkan lounge

oleh Yulina Hastuti - CEO PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI)

Senin, 05 Desember 2016 / 09:02 WIB

Kami tengah siapkan lounge

Keputusan Yulina Hastuti menerima tawaran sang ayah untuk bergabung di perusahaan membuahkan hasil. Kini PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) menjadi perusahaan jasa pengiriman barang terbesar di tanah air. Kepada jurnalis Tabloid KONTAN, Marantina Napitu, Yulina menceritakan kiatnya memimpin perusahaan.

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) boleh dibilang menjadi salah satu perusahaan swasta pionir di bisnis jasa pengiriman barang di tanah air. Perusahaan yang didirikan oleh Soeprapto Soeparno di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, ini telah jadi penyedia jasa pengiriman barang sejak 1 September 1970.

Pada awal berdiri, TIKI baru memiliki dua unit cabang pemasaran, yaitu di Kota Semarang dan Pangkal Pinang dengan sejumlah armada serta personel. Kini, memasuki usianya yang ke-46 tahun, TIKI mengalami banyak perubahan.

Saat ini, kami telah memiliki 63 agen utama dengan 337 sub-agen dan 1.170 gerai. Untuk armada operasional, kami mempunyai 447 mobil dan 1.034 sepeda motor.

Jaringan TIKI yang luas di seluruh wilayah Indonesia sangat memudahkan konsumen dalam mengatasi masalah pengiriman paket dan dokumen. Kini, TIKI termasuk yang terbesar dalam industri jasa kurir via udara di Indonesia.

Untuk menjadi besar seperti sekarang, kami terus melakukan sejumlah inovasi bisnis, terutama pada tahun ini. Kami menelurkan banyak inovasi untuk mengikuti perkembangan pasar serta perubahan teknologi. Salah satunya program TIKI TOOZ, aplikasi mobile, drive thru, serta mesin layanan mandiri (self service machine).

Melalui keanggotaan, pelanggan kami mendapatkan banyak manfaat, terutama potongan tarif pengiriman paket. Dengan aplikasi mobile, pelanggan bisa melacak jejak paket yang dikirim dan mengecek jumlah tarifnya.

TIKI juga jadi perusahaan kurir pertama di Indonesia yang punya fasilitas drive thru. Saat ini, layanan drive thru berlokasi di Jakarta Timur. Pada Desember mendatang, kami akan menambah lokasi drive thru TIKI di Jakarta Selatan.

Dengan mesin yang kami miliki, pelanggan tak perlu lagi mengantre ketika hendak mengirimkan barang. Kami memiliki dua pilihan mesin. Pertama ialah fast line, yang digunakan bagi pelanggan untuk mencetak nota pengiriman paket. Kedua, self service machine.

Lewat mesin ini, pelanggan dapat melakukan penimbangan dan pembayaran sendiri. Setelah itu barang yang akan dikirim bisa langsung dimasukkan ke dalam mesin tersebut. Satu unit mesin kami membutuhkan dana investasi sekitar Rp 100 juta.

Untuk saat ini TIKI masih memiliki satu unit self service machine yang dapat digunakan di kantor pusat TIKI Jalan Raden Saleh Raya. Selain di kantor TIKI, tak menutup kemungkinan self service machine ini juga akan ditemui dan digunakan di mall atau minimarket.


Reporter: Yulina Hastuti
Editor: hasbi.maulana

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0169 || diagnostic_api_kanan = 0.0479 || diagnostic_web = 0.3533

Close [X]
×