kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.619
  • LQ45904,78   -7,59   -0.83%
  • EMAS590.870 -0,68%

Kejujuran dan kerja keras

Oleh Moedjianto Soesilo Tjahjono
Kejujuran dan kerja keras

Berdiri di posisi sebagai orang nomor satu di suatu perusahaan mungkin menjadi mimpi sebagian orang. Terutama bagi kalangan yang memilih jalur karier profesional.

Sejak lulus kuliah tahun 1989, saya memutuskan memulai karier dengan melamar pekerjaan di PT Intiland Development Tbk.

Nasib baik ternyata berpihak kepada saya karena waktu itu berhasil diterima bekerja sebagai sales marketing.

Ketika bekerja menjadi seorang sales pada waktu itu, yang saya pikirkan adalah bagaimana cara membawa diri untuk bekerja.

Serta menikmati setiap pekerjaan yang ditugaskan sambil menanamkan nilai kejujuran dan kerja keras di dalamnya.

Karena bagi saya, apapun posisi dan jabatan yang kita duduki baik sebagai seorang direktur ataupun karyawan biasa itu tidak jauh berbeda karena semua posisi sama-sama memiliki nilai tanggung jawab.

Saya percaya semua itu karena hal tersebut yang selalu saya terapkan dan tekankan pada diri saya sendiri selama bekerja hingga saat ini.

Tahap demi tahap, saya membuktikan hal tersebut. Hingga tiba pada waktu saya ditugaskan untuk menjadi direktur di anak usaha PT Intiland Development Tbk yakni di PT Intiwhiz International.

Namun, menjadi seorang direktur itu tidak pernah mampir di benak saya. Karena saya bekerja memang tidak pernah mengejar posisi melainkan selalu berusaha bekerja dengan apa yang ditugaskan.

Menurut saya, semua yang sudah saya peroleh hingga hari ini berkat saya selalu mengikuti alur air yang membawa saya. Seperti saat diberi tugas menjadi direktur, ya, saya kerjakan secara profesional.

Kebetulan, saya merupakan orang yang gila bekerja, jadi apapun yang ditugaskan kepada saya pasti saya kerjakan dan selalu saya upaya kan memberikan yang terbaik.

Begitu pula saat di Intiwhiz International. Saya selalu berupaya membawa perusahaan ini semakin maju ke depannya dan dapat bersaingan di industri perhotelan baik regional maupun internasional.

Sebagai bentuk tanggung jawab, upaya yang terus saya lakukan saat ini adalah dengan terus mengembangkan setiap lini usaha seperti menambah jumlah hotel dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Saat ini, hotel yang sudah dikelola Intiwhiz sudah mencapai 24 hotel dan tentu saja ini sebuah pencapaian yang cukup membanggakan.

Selain itu, sekarang sudah ada beberapa hotel yang sedang dalam pembangunan, baik itu hotel berbintang tiga maupun empat.

Ekspansi tersebut terjadi karena industri hotel tak akan ada matinya. Meskipun pesaing kian merajalela tetapi bagi saya industri hotel merupakan salah satu industri yang akan terus berkembang mengikuti tren zaman.

Oleh karena itu, hal ini juga selalu saya tekankan pada segenap karyawan untuk selalu mengutamakan kejujuran dan kerja keras karena saya percaya kesuksesan akan mengikuti dari belakang.

Saya selalu katakan itu pada karyawan saya, utamakan dan tanamlah kejujuran serta kerja keras dalam menjalani setiap tugas yang diberikan kepadamu karena suatu saat semua itu akan berbuah pada saatnya.

Tidak hanya itu, satu hal yang juga saya tekankan adalah selalu menyempatkan diri untuk berolah raga.

Selama ini saya sering menggunakan jenjang olahraga guna mendekatkan diri kepada rekan kerja dan karyawan. Semisal berolah raga golf dua kali dalam seminggu.