kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.870
  • LQ45928,00   -15,43   -1.64%
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS609.032 -0,82%

Konsumen masih butuh tatap muka

Oleh Ng Keng Hooi
Konsumen masih butuh tatap muka

Menjelang usia 100 tahun, AIA Group tengah bersemangat melebarkan sayap di Asia.

Kepada jurnalis KONTAN, Agung Jatmiko, Group Chief Executive AIA Group, Ng Keng Hooi bercerita mengenai perjalanan AIA Group serta harapannya untuk AIA Financial Indonesia, terutama dalam strategi bisnis.

Perjalanan AIA Group saya katakan cukup baik selama tujuh tahun, sejak kami memisahkan diri dari AIG, dan mencatatkan diri sebagai perusahaan publik di bursa efek Hong Kong (Hong Kong Stock Exchange).

Setelah menjadi perusahaan publik, kami sepenuhnya menjadi perusahaan Asia, fully Asia, yang beroperasi di seluruh wilayah Asia.

Langkah memisahkan diri dan menjadi independen ini tentunya diikuti dengan langkah transformasi selama tujuh tahun dan boleh saya utarakan berbuah manis. Transformasi di AIA ini berkaitan dengan distribusi agen yang menjadi ujung tombak AIA Group.

Bukti nyata dari keberhasilan transformasi ini terlihat dari pencapaian kami di kuartal III 2017 lalu. Hingga periode itu, kami mencatatkan pertumbuhan sebesar 20% untuk bisnis baru atau value of new business (VONB) dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Premi baru meningkat 3% menjadi US$ 1,3 miliar dan secara total pendapatan premi kami naik 15% menjadi US$ 6,5 miliar.

Strategi kami boleh dibilang sederhana, namun efektif. Kami berpegang teguh terhadap misi kami, yaitu memberikan perlindungan yang terbaik kepada konsumen dan memastikan konsumen mendapatkan pelayanan dan produk yang terbaik.

Caranya dengan memaksimalkan peran agen serta memperkuat jaringan pemasaran lewat bank atau bancasurance.

Di Indonesia, kami sangat kuat di lini bancasurance, ditandai dengan pembaruan kerjasama kami dengan salah satu bank terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Diikuti dengan pembaruan kerjasama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan Citibank.