kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.578
  • SUN95,67 0,00%
  • EMAS656.000 -0,46%
EXECUTIVE / CEO's TALK

Menduplikasi sukses hingga negeri China

oleh Darma Eddie Salim - Presiden Direktur PT V-Kool Indolestari

Senin, 14 Mei 2018 / 14:06 WIB

Menduplikasi sukses hingga negeri China

Sempat dibilang gila saat menjual kaca film premium di Indonesia, tak membuat nyali Darma Eddie Salim ciut untuk berbisnis kaca film.

Kini bisnisnya tak hanya berkembang di Indonesia, tetapi telah merambah Taiwan dan Tiongkok. Kepada Jurnalis KONTAN, Asnil Bambani Amri, Eddie membeberkan strategi dan kiat bisnisnya.

Ada empat pilar bisnis yang tak lekang oleh waktu dan layak untuk dijalani. Yaitu, makanan, transportasi, pakaian, dan properti.

Jika usaha Anda berkaitan dengan salah satu dari empat ini, maka bisnis Anda punya kesempatan untuk berkembang.

Dari empat peluang bisnis itu, saya mengembangkan bisnis yang berkaitan dengan transportasi, yaitu aksesori mobil berupa kaca film.

Namun, jodoh di bisnis kaca film baru bertemu setelah 12 tahun saya menekuni bisnis aksesori otomotif yang meneruskan bisnis keluarga.

Selama 12 tahun berbisnis aksesori otomotif tersebut, saya belajar mencari sumber aksesori, bagaimana mengimpor, mencari pelanggan, buka distribusi, hingga bagaimana membina hubungan dengan pelanggan.

Yang terpenting, saya belajar bagaimana melihat peluang di dunia otomotif dan aksesori.

Sampai akhirnya saya bertemu dengan kaca film V-Kool tahun 1995. Bersama enam karyawan, yang salah satunya adalah istri saya, kami diajak prinsipal V-Kool, kaca film asal Amerika Serikat (AS) itu untuk menjadi distributor di Indonesia.

Mula-mula, banyak orang yang heran melihat saya menjual kaca film V-Kool. Saat itu (1995) saya membanderol Rp 1,5 juta.

Sementara harga kaca film di pasaran hanya Rp 50.000. Bayangkan, saya menawarkan kaca film yang harganya 30 kali lipat lebih mahal daripada harga pasarannya.

Banyak yang meragukan saya. Bahkan ada yang bilang saya gila, karena menjual kaca film mahal itu.

Namun lima tahun terakhir, ada 600.000 mobil yang sudah menggunakan kaca film V-Kool di Indonesia.

Per tahunnya ada sekitar 120.000 mobil yang menggunakannya atau 10%-15% dari total penjualan mobil berpenumpang. Banyak yang bertanya, kenapa saya bisa menjual kaca film tersebut?

 

Nah, inilah pentingnya ketulusan dan percaya diri dalam berbisnis. Semula saya sempat tidak percaya dengan produk kaca film V-Kool itu, hingga prinsipal mengajak saya ke Singapura, untuk merasakan langsung manfaat pemakaian kaca film V-Kool.

Setelah melewati serangkaian pengujian, di situlah saya punya rasa akan manfaat dari V-Kool.

Pancaindra saya bisa mengenali langsung kaca film yang menolak panas dan kaca film yang meneruskan panas.

Sejak itu, saya percaya diri memasarkan kaca film V-Kool tersebut.

Kala itu, kami sebut sebagai kaca film ajaib. Intinya, harus meyakinkan diri sendiri sebelum meyakinkan konsumen.

Namun, karena harga yang mahal, tentu berat menjualnya di Indonesia. Alhasil, saya tak langsung berebut pasar kaca film yang ramai saat itu atau kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu.

Saya justru mengambil peluang menjual kaca film bening untuk kaca mobil bagian depan yang belum tergarap saat itu. Itulah pasar yang kami raih, kaca film bening V-Kool untuk kaca depan.


TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0144 || diagnostic_api_kanan = 0.0526 || diagnostic_web = 0.4267

Close [X]
×