kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.181
  • EMAS627.194 0,65%
EXECUTIVE / CEO's TALK

Meracik resep tetap eksis di zaman now

oleh Donni Satria - Direktur Utama SNP Finance (Columbia)

Senin, 02 April 2018 / 17:34 WIB

Meracik resep tetap eksis di zaman now



Tahukah Anda sebelum marak penggunaan kartu kredit ataupun penjualan secara angsuran, ada perusahaan yang aktif berjualan produk dengan cara pembayaran cicilan? Dia adalah Columbia, yang beroperasi mulai 1982 dan hingga kini masih eksis.

Pada 2001 perusahaan ini musti mengikuti regulasi baru lantaran sebagai peritel tak boleh menjual secara kredit. Karenanya mereka musti memisahkan perusahaan ritel penjual produk dengan perusahaan khusus pemberi kredit.

Maka, Columbia pun melirik PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance) yang saat itu masih dimiliki Hari Darmawan, pendiri bisnis ritel Matahari. Setelah bersepakat, Columbia mengakuisisi SNP Finance sehingga berbendera Columbia Grup sejak 2004.

Yang menarik dari akuisisi SNP Finance adalah, nama perusahaan tak boleh diganti dengan nama baru termasuk nama Columbia. Ini kesepakatan antara Pak Hari Darmawan dengan pemilik Grup Columbia, Pak Leo Chandra.

Alhasil, nama SNP Finance tetap dipakai hingga kini. Dalam perkembangannya, SNP Finance melayani beragam jenis pembiayaan termasuk kendaraan bermotor. Namun, kami memutuskan tetap fokus pada pembiayaan elektronik dan mebel.

Setelah melayani pembiayaan untuk pembeli elektronik dan furnitur dari gerai Columbia, sejak 2015, SNP Finance mulai melebarkan sayap menggandeng toko ritel lain, di luar gerai Columbia.

Saat ini, kontribusi pembiayaan dari luar gerai Columbia mencapai 10%.

Kami kini membiayai pembelian elektronik dan furnitur dari tempat lain, mulai dari e-commerce, korporasi, dan juga untuk usaha waralaba.

E-commerce yang sudah menjadi mitra kami itu adalah Mataharimall.com, Bhinneka.com, Plaza Kamera, dan lainnya.

Saat ini, kami sudah mengajak kerjasama 10 e-commerce. Target kami, hingga akhir tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 50 e-commerce.

Tapi, tak mudah menjadi penyedia kredit di perusahaan e-commerce. Setiap vendor ingin kecepatan tapi punya standar formulir yang berbeda saat menawarkan pembiayaan.

Hal inilah membuat kami mesti menyesuaikan diri. Untuk itu, kami membuat platform digital scoring, penilaian kelayakan kredit secara online.

Kami melakukan ekspansi ke teknologi ini sejak 2015, dan terus menyempurnakannya secara bertahap dengan menggandeng pihak ketiga, yakni Global Information Technology (GIT). Tujuannya tak lain agar ke depan bisa menjaring lebih banyak mitra peritel.

Kini, dengan dukungan teknologi, kami memiliki digital scoring yang memungkinkan pemberian persetujuan kredit hanya dalam tempo 15 menit.

Selain berinvestasi teknologi, kami juga ekspansi mencari nasabah dari korporat. Kami meningkatkan kerjasama dengan korporasi untuk memberikan pembiayaan bagi karyawan mereka yang ingin memenuhi kebutuhan mereka.

Saat ini kami telah menggandeng karyawan Unilever, Tempo, karyawan perhotelan, dan juga karyawan Blue Bird. Kerjasama ini peluangnya bagus, dan akan kami tingkatkan.


TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0202 || diagnostic_api_kanan = 0.0843 || diagnostic_web = 1.6948

×