kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.870
  • LQ45928,00   -15,43   -1.64%
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS609.032 -0,82%

Paling utama adalah harus inovatif dan lincah

Oleh Margono Tanuwijaya
Paling utama adalah harus inovatif dan lincah

Dalam menakhodai perusahaan, saya ingin membawa FIF Group menjadi perusahaan yang bisa terus melaju secara kencang.

Dalam memimpin perusahaan saya menerapkan hal-hal yang simpel. Ada tiga poin penting yang menjadi pedoman saya dalam memimpin perusahaan yang memiliki aset besar seperti FIF.

Pertama, menjadi role model. Bagi saya, seorang pemimpin harus mampu menjadi contoh dan memberi contoh kepada para karyawan.

Agar bisa menjadi contoh, seorang pemimpin harus mampu menunjukkan kualitasnya, baik dalam perilaku maupun memimpin karyawan di perusahaan.

Jika contoh yang ditunjukkan pemimpin baik dan standar bagus, karyawan akan mengikutinya.

Kedua, pemimpin harus memiliki misi untuk mengarahkan ke depan tentang akan menjadi seperti apa perusahaan yang dia pimpin.

Tidak hanya bicara saat ini, tapi pemimpin harus melangkah lebih maju dari perusahaan-perusahaan pesaing. Jika tidak, bisnis kita akan tertinggal oleh pasar dan pesaing.

Ketiga, mampu memotivasi tim. Bagi saya, pemimpin harus mampu memberi dukungan dalam kondisi apapun.

Ia harus mampu memberikan solusi saat ada masalah. Ia juga bisa memompa semangat saat kondisi dan semangat usaha dan karyawan turun.

Bagi saya, ajaran Ki Hajar Dewantoro sangat pas dengan filosofi kepemimpinan yang saya pegang, yakni Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Seorang pemimpin harus mampu memberi tauladan atau contoh bagi orang–orang disekitarnya, mampu pula menciptakan inovasi dan menciptakan suasana nyaman dan aman bagi mereka.

Bagi saya, karyawan merupakan aset yang berharga. Dalam artian karyawan bukan hanya sebagai sumber daya yang bisa dieksplorasi, melainkan karyawan harus bisa berkembang selama di FIF Group.

Misalnya, jika awal masuk hanya fresh graduate, ia harus bisa berkembang dan bisa menempati posisi-posisi penting.

Makanya, saya juga selalu berusaha untuk lebih dekat dengan karyawan seperti melakukan coaching conseling masalah apapun yang mereka hadapi mereka.

Ini bisa sangat efektif mendorong kinerja mereka agar lebih produktif. Sebisa mungkin, saya selalu menyempatkan agar perusahaan juga mendapatkan benefit-nya dan berkembang lebih maju.

Dalam memimpin perusahaan, ada nilai-nilai penting yang saya jadikan pedoman. Yang paling utama ialah harus inovatif dan lincah.

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kami harus bisa mengikuti sehingga bisa berdaya saing dengan kompetitor.

Apalagi dengan karyawan FIF Group lebih dari 17.000 orang memang bukanlah mudah mengatur perusahaan.

Namun saya yakin dengan membangun sistem yang baik tentu akan menghasilkan kerjasama dan koordinasi yang baik pula.

Kemauan dan ambisi untuk memberikan yang terbaik menurut saya nilai yang harus ada di dalam organisasi perusahaan.

Tahun ini dan ke depan, saya optimis pasar sepeda motor bisa semakin bergairah, setelah tiga tahun belakangan ini sempat turun.

Dengan daya beli yang juga meningkat diharapkan juga mengangkat pembelian sepeda motor.

Kami juga terus mengencangkan strategi pemasaran bukan hanya tahun ini namun juga di tahun depan sudah ada terobosan yang akan kami lakukan.

Dengan dukungan seluruh unsur di FIF Grup, saya yakin target kami tercapai.