kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.578
  • SUN95,67 0,00%
  • EMAS656.000 -0,46%

Blusukan, siap mengajar dan belajar

oleh Poernomo Siswoprasetijo - Dirut PT Banten West Java Tourism Development

Senin, 19 November 2018 / 17:37 WIB

Blusukan, siap mengajar dan belajar
ILUSTRASI. Poernomo Siswoprasetijo

KONTAN.CO.ID -  Sebagai pemimpin perusahaan, saya harus mampu melihat visi perusahaan secara luas jauh ke depan. Visi merupakan sebuah mimpi yang ingin kita capai,  baik untuk jangka pendek, menengah,  maupun jangka panjang.

Sebagai pemimpin, khususnya  di Banten West Java Tourimm Development, saya selalu berusaha untuk  bisa mengenali karakter tim saya. Oleh sebab itu, saya juga selalu berusaha untuk sering mengunjungi.

Kalau boleh   menggunakan istilah  Presiden Joko Widodo, saya harus blusukan ke tim saya. Dalam blusukan tersebut, saya harus mencari tahu kebutuhan mereka, kendala mereka sampai bagaimana mampu mendorong  tim saya untuk mewujudkan misi.

Ini penting untuk menciptakan kelancaran komunikasi antar kami. Dengan begitu, karyawan tidak mengalami hambatan dalam berkomunikasi dengan pemimpinnya, meskipun kami tidak menampik tetap yang namanya leveling.  Namun yang terpenting adalah kami memangkas bahkan menghilangkan gap agar lebih memahami karyawan.

Saya yakin, komunikasi  yang lancar akan menyelesaikan banyak masalah. Hal-hal yang sulit bisa disampaikan dengan clear, termasuk juga dalam menyampaikan visi dan misi perusahaan ke depan.  

Bila melihat sayaa saat ini, terus terang, saya bersyukur karena memulai karir dari bawah. Ini memberikan banyak pelajaran yang berharga saat saya memimpin perusahaan.  Sebab, saya merasakan menjadi karyawan sehingga memahami masalah-masalah yang dihadapi di tim saya.

Dengan begitu,  saya bisa bertindak cepat dalam membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi tim. Terlebih saya juga tidak suka ada permasalahan yang berkepanjangan karena akan mengganggu performa perusahaan.

Oleh sebab itu, saya kerap berbincang-bincang dengan tim saya untuk bisa memberikan solusi dan masukan kala mereka menghadapi masalah.

Sebagai pemimpin, saya juga harus mengajari tim saat ada yang baru. Dan bisa dibilang, saya termasuk yang cukup sabar untuk mengajari mereka.

Lagi-lagi, apa yang saya tahu lebih dulu harus disampaikan agar mereka memiliki pengetahuan atas hal-hal baru, utamanya terkait dengan bisnis serta visi  perusahaan kami.

Memang tidak mudah untuk mengajari, tapi saya tetap  harus mengajari mereka supaya kinerja tim saya sejalan dengan visi perusahaan sendiri.

Sebaliknya, saya juga tak segan untuk mendengarkan mereka. Jika mereka tahu lebih dulu saya juga harus mendengarkan masukan mereka. Dengan begitu, ada komunikasi dua arah yang baik antara kami.

Dari proses itu pula, banyak masukan yang bisa saya terima, sebaliknya mereka juga bisa mendapatkan masukan yang tepat atas tujuan dan sasaran perusahaan.

Saat ini, Banten West Java Tourism Development menge mbangkan kawasan ekonomi khusus, yakni Tanjung Lesung. Banten West Java Tourims adalah salah satu anak usaha PT Kawasan Industri Jababeka Tbk.  

Kami terus berupaya mengembangkan kawasan wisata dengan total areal 1.500 hektare.  Masih luas lahan yang bisakami kelola karena  kami baru mengembangkan sekitar 150 hektare. 

Target kami, kawasan  Tanjung Lesung harus hidup. Dengan lahan yang masih luas, kami  terus  berupaya mengundang investor lokal maupun asing untuk bersama-sama mengembangakan kawasan ekonomi khusus ini.

Reporter: Harian Kontan
Editor: Mesti Sinaga

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0626 || diagnostic_web = 0.3264

Close [X]
×