kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Happy Ending, Bosowa dan KB Kookmin Berdamai


Selasa, 08 Juni 2021 / 06:40 WIB
Happy Ending, Bosowa dan KB Kookmin Berdamai

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemegang saham pengendali PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP), KB Kookmin Bank, bersama dengan Bosowa Corporindo akhirnya menandatangani kesepakatan mendukung percepatan pertumbuhan Bank KB Bukopin. Kedua pemegang saham terbesar ini sepakat saling mencabut tuntutan hukum..
Bosowa dan KB Kookmin menyatakan telah menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi di masa lalu . Serta sepakat mengembangkan hubungan berorientasi pada kerja sama di masa depan.

Presiden Direktur KB Bukopin, Rivan A Purwantono menyatakan, pada tahun 2023, kredit bisa tumbuh hingga 10%. Sedangkan dana pihak ketiga (DPK) bisa melesat hingga 22%.
Lalu pada tahun 2023 sudah kembali normal dan sudah kembali ke titik pertumbuhan. "Fokus bisnis tidak berubah, kami tetap fokus terhadap ritel, UMKM, dan konsumer,” ujar Rivan, Senin (7/6).

Hingga Maret 2021, KB Bukopin secara konsolidasi telah menghimpun dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp 45,56 triliun. Selain itu, bank ini telah menyalurkan kredit senilai
Rp 55,95 triliun.

Para pemegang saham  KB Bukopin berkomitmen menyerap rencana penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak-banyak 35,2 miliar saham. Jumlah tersebut melebihi total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh di Bukopin saat ini yakni 32,67 miliar saham.

Pemegang saham Bukopin yakni KB Kookmin Bank dan Bosowa Corporindo berencana menggunakan hak  mereka menyerap saham baru ini. Direktur Utama Bosowa Corporindo, Rudyantho menyatakan siap mendukung aksi korporasi KB Bukopin. "Bosowa ke depan berkomitmen berada dalam komposisi sesuai ketentuan yang berlaku. Bosowa bersama KB Kookmin bekerja sama untuk memberikan dukungan bersama kepada KB Bukopin," ujar Rudyantho.

Managing Director Global Business KB Kookmin Bank Cho Nam Hoon juga menyatakan akan menyerap saham baru yang akan dilepas oleh KB Bukopin. Bahkan, Ia menyatakan akan mendukung normalisasi KB Bukopin dan menyelesaikan persoalan likuiditas hingga kredit bermasalah yang masih ada.
"Penambahan modal yang akan kami lakukan, kira-kira target bisnis KB Bukopin dengan adanya KB Kookmin Bank akan mendukung KB Bukopin, dengan berbagai aksi korporasi yang akan kami lakukan. Tidak akan ada lagi masalah likuiditas terjadi di Bank Bukopin," jelasnya.

Per 30 Mei 2021, KB Kookmin Bank memiliki 67% Bukopin. PT Bosowa Corporindo 9,7%, Negara Republik Indonesia 3,18% (Sedang dalam proses pengalihan nama menjadi PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA)) dan masyarakat mencapai 20,12%.  


Tag


TERBARU

[X]
×