kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Inovasi dan gas pol menangkan kompetisi


Senin, 28 Januari 2019 / 14:34 WIB

Inovasi dan gas pol menangkan kompetisi

KONTAN.CO.ID - Saya sudah tiga tahun menjabat Presiden Direktur XL Axiata. Waktu saya masuk, industri telekomunikasi berbeda sekali dengan sekarang. Makanya, saya pun menyesuaikan kebijakan untuk membawa XL Axiata maju.

Jelas di ingatan saya, tiga tahun lalu industri telekomunikasi masih didominasi dengan bisnis suara (voice call) dan short message service (SMS). Beda dengan sekarang yang lebih fokus bisnis data internet.

Ketika tahun 2015 sebenarnya kami sudah mulai masuk bisnis data. Walaupun secara perlahan bisnis suara dan pesan singkat kami menghilang. Persisnya, bisnis suara XL Axiata melemah di 2016.

Jika dibandingkan kompetitor, kami memang hilang paling cepat. Untungnya, bisnis data kami berkembang paling cepat dibandingkan pemain lainnya.

Setelah tiga tahun, yakni sekarang ini, kami sudah menjadi pemain utama di bisnis data. Terbukti kontribusi pendapatan dari bisnis data kami saat ini lebih besar dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Pendapatan bisnis data XL Axiata tercatat Rp 10,75 triliun pada sembilan bulan pertama  2018, menyumbang 63,4% dari pendapatan Rp 16,89 triliun.

Ke depannya harapan saya, XL Axiata bisa menjadi integrated player. Bukan hanya berkembang pada mobile business, tetapi juga bisa berkembang ke enterprise dan home business.  

Contohnya adalah menyediakan bisnis fiber-to-the-home (FTTH) alias pengantaran isyarat optik dari pusat penyedia (provider) ke pengguna. Misalnya seperti internet yang ada di rumah atau perusahaan.

Mengingat industrinya yang berbeda, jelas kebijakan yang saya ambil pun sedikit berbeda. Apalagi 2015 itu kami yang pertama pindah ke bisnis data, dan sekarang ini mulai diikuti oleh pemain lain. Kunci utamanya harus bisa berinovasi alias menghadirkan ide-ide baru.

Konkretnya, kami tidak hanya menjual paket data sekian gigabyte saja, tetapi juga harus bisa menawarkan paket yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Salah satu yang berhasil, yakni kami membuat paket data dengan gratis akses video Youtube. Untungnya, Youtube juga mendukung kami dan ternyata konsumen cukup antusias dengan produk ini.


Reporter: Francisca Bertha Vistika
Editor: Mesti Sinaga


×