kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Menjadikan industri gas lebih kekinian

oleh Rachmat Harsono - Direktur Utama PT Aneka Gas Industri Tbk

Senin, 11 Februari 2019 / 17:34 WIB

Menjadikan industri gas lebih kekinian
ILUSTRASI. Direktur Utama PT. Aneka Gas Industri Rachmat Harsono

KONTAN.CO.ID - Meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bukanlah hal mudah. Apalagi harus melanjutkan bisnis di industri gas, yang oleh sebagai milenial dianganggap bisnis kuno.

Rachmat Harsono, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk, menyampaikan kepada jurnalis KONTAN Francisca Bertha Vistika mengenai strateginya memajukan perusahaan dan membawanya memasuki industri 4.0.

Sebagai bagian dari grup Samator, PT Aneka Gas Industri Tbk menyumbang penghasilan sekitar 65% hingga 70% di grup. Sekadar informasi, Samator memiliki bisnis seperti properti, pembiayaan, otomotif dan lain lain-lain.

Kebetulan saya sudah di industri gas ini sejak 2002. Itu mungkin yang menjadi dasar mengapa saya mendapat kepercayaan bisnis ini. Dan sebagai bisnis keluarga, tentu harus saya melanjutkan tongkat estafet ini dengan baik.

Berhubung saya sudah lama bekerja di sini, begitu memegang jabatan presiden direktur sebenarnya tidak banyak kebijakan yang saya ubah. Semua sesuai visi dan misi awal saja.

Yang membedakan, saya menerapkan gaya kepemimpinan yang berbeda dari pemimpi sebelumnya. Mengingat saya masih berjiwa muda, saya harus menyesuaikan tutur kata saya.

Buat saya, memimpin tidak perlu terlalu formal dan harus bisa mengikuti caranya generasi milenial. Maklum saja, jumlah karyawan milenial di perusahaan ini semakin banyak.

Padahal, sekarang ini sebenarnya  anak muda lebih memilih masuk ke bidang usaha startup, finance, dan consulting. Jarang sekali yang mau masuk ke industri gas. Menurut mereka, ini industri yang kuno.  

Perkuat teknologi

Karena itulah, kami terus melakukan transformasi. Aneka Gas mencoba mengembangkan perusahaan ini agar menjadi  industri 4.0. Caranya, kami terus memperbaharui kultur kerja dan didukung teknologi.

Inisiatif ini muncul pada 2016. Namun, pada 2017 kami baru mulai merealisasikan rencana tersebut dengan melakukan otomatisasi di beberapa lini.  

Misalnya saja, pengoperasian mesin. Sekarang ini, mesin kami sudah hanya dioperasikan tiga hingga empat orang saja di setiap pabriknya. Sisanya sudah otomatis.

Kami juga mulai otomatisasi pada logistik, yaitu mengontrol semua pengiriman lewat teknologi. Kami bisa memantau truk yang membawa gas.

Jika ada order di daerah tertentu, kami bisa mengirimkan truk dari lokasi yang paling dekat. Ini menghemat waktu untuk bisa sampai ke tangan konsumen.

Kami juga memasangkan alat untuk melakukan kontrol storage tank konsumen. Apabila stok di tanki gas sudah di batas kritikal, secara otomatis kami tahu, dan siap mengirimkan pasokan gas lagi ke konsumen.


Reporter: Francisca Bertha Vistika
Editor: Mesti Sinaga

TERBARU
Rumah Pemilu
Rumah Pemilu
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0792 || diagnostic_web = 0.4001

Close [X]
×