kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Selagi masih berkhayal, radio tidak akan mati


Kamis, 01 Agustus 2019 / 09:55 WIB

Selagi masih berkhayal, radio tidak akan mati

Perkembangan industri media sedang mengarah ke dunia digital. Agar tidak tertinggal, masing-masing pemainnya perlu bersiap diri untuk menuju ke arah sana. Kepada Jurnalis Tabloid KONTAN Putri Werdiningsih, Adrian Syarkawi, CEO PT Mahaka Radio Integra Tbk berbagi strategi dan rencananya untuk mengembangkan bisnis radio digital.

Sekitar tahun 2000, saat Mahaka Group sedang mencoba membangun radio, mereka mencari profesional yang bisa menjalankan bisnis. Saya direkrut sebagai station manager pada tahun itu dan bergabung di Radio One. Kemudian, saya naik sebagai assistant operation director, lalu naik jabatan menjadi direktur, dan pada akhirnya menjadi Chief Executive Officer (CEO) sejak tahun 2010.

PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) baru terbentuk di tahun 2017 sebagai holding dari beberapa radio yang kami miliki. Namun, sebelum MARI terbentuk, saya sudah terlebih dulu menjadi CEO di tujuh anak usaha radio itu.

Saat saya ditunjuk untuk memimpin bisnis radio, saya seperti diberi tantangan. Saya mau melewati batas kemampuan sebuah radio, baik secara pendapatan maupun keuntungan. Saya menantang diri saya sendiri untuk menerobos batas itu.

Di dalam bisnis radio, ada banyak paradigma yang terbentuk. Misalnya, banyak yang bilang pendapatan radio paling tinggi sekian. Kemudian dari sisi pendengar, tidak mungkin ada radio non-dangdut yang mengalahkan radio dangdut. Saya ingin mengubah itu. Alhamdulillah, terbukti pendapatan bisnis radio bisa tembus 2-3 kali lipat dari paradigma itu dan Gen FM berhasil mengalahkan radio dangdut di tahun 20102011.


Ekspansi ke digital

Bagi saya, sekarang MARI itu bukan sekadar radio, tetapi MARI adalah audio content provider. Meski salah satu bentuknya melalui radio, tetapi kami juga akan masuk ke platform digital. Makanya tahun lalu, dibentuklah PT Mahaka Radio Digital.

Tujuan pembentukan ini adalah memperkuat peran sebagai audio content provider. Kami berharap bisa menjadi market leader. Nantinya, kue bisnis ini akan lebih besar daripada hanya bermain di area radio. Peminatnya diperkirakan lebih tinggi dari peminat radio.

PT Mahaka Radio Digital akan menjadi perusahaan yang menjalankan aplikasi NOISE. Aplikasi itu akan menjadi rumah dari streaming 7 radio kami. Beberapa waktu lalu, kami meluncurkan channel baru yang hanya bisa didengarkan di aplikasi NOISE, yaitu konten religi yang bernama Raya Channel.

Religi dipilih lantaran dari 7 radio kami, tidak ada yang bermain di area itu. Sedangkan pasar di Indonesia ada yang suka dengan religi. Pasar mana lagi yang belum kami ambil, makanya kami memilih masuk ke sana. Isi Raya Channel ini lagu religi dan dakwah pendek.

Kami juga melakukan diferensiasi konten. Saat ini, apa yang terjadi di radio FM dan di Noise berbeda. Tapi, jika memungkinkan, kami akan melakukan kolaborasi. Strategi itu yang akan kami mainkan.

Secara kue iklan, ada kue untuk iklan digital dan ada kue sendiri untuk iklan di radio. Walaupun dari laporan keuangan, saat ini kontribusi iklan radio masih cukup besar, tetapi saya melihat ada peluang iklan digital ke sana.

Sekarang, iklan digital belum saya dorong secara pendapatan. Saya mau angka digitalnya tumbuh dulu. Jadi pekerjaan rumah saat ini adalah bagaimana membesarkan pengunduh dan pengguna aktif. Bulan September nanti, akan diluncurkan versi aplikasi terbaru NOISE.

Tahun depan, kami baru akan mulai mengejar pendapatan iklan digital. Kami sudah punya strategi sendiri yang berbeda dari semua platform iklan digital lainnya. Roh kami adalah radio, jadi kami akan tetap bermain dalam konsep iklan radio, tetapi dalam versi digital.

Saya yakin prospek iklan radio digital cukup besar. Kalau sekarang porsinya masih 2%3%, nantinya pelan-pelan bisa naik ke 10%. Di Indonesia, pengguna digital itu besar banget, tetapi saat ini masih ada ketimpangan karena pengiklan masih belum mengalokasikan belanja iklannya ke digital. Sudah mulai menjadi pilihan, tetapi alokasinya belum besar.


Radio terus tumbuh

Saya punya keyakinan, radio tidak akan mati. Selagi orang masih suka berkhayal, radio tidak akan mati. Sebab, media yang memainkan daya imaginasi orang, ya, cuma radio. Jadi, ketika orang masih suka berkhayal dan berimajinasi, buat saya, media radio tidak akan tergantikan.

Kunci bisnis radio bisa bertahan adalah riset. Saya selalu tekankan ke tim untuk jangan merasa paling pintar, paling tahu terhadap bisnis yang dijalani. Apalagi, dengan konsep radio yang tidak berbayar, tidak akan ada usaha orang untuk memilih media kami.

Berbeda kalau media berbayar. Kan rugi kalau tidak dipakai, karena dia sudah bayar. Karena itulah, kami harus peka mencari tahu apa yang dicari orang, apa yang tidak disukai orang, bagaimana kebutuhan mereka ke depan.

Kalau untuk proyek baru, riset bisa dilakukan tiga bulan. Tetapi, setiap hari, riset juga harus dilakukan. Misalnya, kami harus tahu lagu apa yang cocok dipasang? Masih oke tidak untuk diputar besok? Ini bisa dilakukan dengan membuka Youtube, untuk tahu kenapa penontonnya bisa lebih tinggi. Apakah karena pasarnya kuat? Ataukah kontennya? Atau hanya karena orang sedang suka menertawakan orang lain?

Tantangan terberat bisnis radio adalah mengikuti selera pasar. Kalau dulu, bisa dibilang polanya media driven. Kami yang mengarahkan pasar untuk menjadi apa yang mau kami bentuk. Tetapi sekarang terbalik. Pasar yang mengarahkan media untuk menjadi seperti mau mereka.

Sekarang dengan adanya on demand, semua konten bisa diunggah dengan mudah dan gratis. Semua orang menjadi pembuat konten. Saya selalu bilang ke tim bahwa saingan radio sekarang bukan hanya sesama radio, tetapi termasuk key opinion leader (KOL) dan pembuat konten di Youtube.

Adrian Syarkawi
CEO PT Mahaka Radio Integra Tbk


Reporter: RR Putri Werdiningsih
Editor: Tri Adi

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0014 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1845

Close [X]
×