kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.460
  • EMAS663.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Terus beradaptasi dan berevolusi

oleh Maya Carolina Watono - Country CEO DAN Indonesia

Senin, 18 Maret 2019 / 16:08 WIB

Terus beradaptasi dan berevolusi
ILUSTRASI. Maya Watono, CEO Dentsu Aegis Network Indonesia

KONTAN.CO.ID -  Industri periklanan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Untuk bisa bertahan di bisnis ini, mau tak mau, para pelakunya juga harus berinovasi.

Kepada jurnalis KONTAN Putri Werdiningsih, Maya Carolina Watono, Country CEO DAN Indonesia, berbagi cerita bagaimana dia
melanjutkan bisnis keluarga sekaligus mengelola perusahaan agar bisa bertahan di era digital. 

Saya dulu lama bersekolah di Australia. Sekitar tahun 2006, baru saya kembali ke Indonesia. Saat itulah, pertama kali saya masuk ke dunia periklanan.

Waktu itu, saya diminta ayah saya, Adji Watono, pendiri Dwi Sapta Group, untuk mencoba dulu. Selama kurang lebih 3 bulan, ternyata senang dan enjoy. Akhirnya saya sadar kalau passion saya di situ.

Sebenarnya background pendidikan saya bukan di periklanan. Saya kuliah psikologi di University of Western Australia dan mengambil S2 di bidang marketing. Setelah lulus, saya sempat bekerja selama 1,5 tahun di Australia.

Sebagai generasi kedua di bisnis periklanan, memang ada ekspektasi pada saya untuk melanjutkan bisnis keluarga.

Tahun 2006, saya memulai menjadi general manager dengan 10 staf di agensi kecil bernama Main Ad di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Setelah 5 tahun,saya pindah ke DSP Media, masih satu grup Dwi Sapta.

Saya baru bergabung di Dwi Sapta pada tahun 2012. Posisi awalnya sebagai managing director. Kemudian sekitar Januari 2017, saya diangkat menjadi CEO.

Kenaikan posisi saya ini berbarengan dengan merger Dwi Sapta dengan agensi periklanan terbesar di dunia, Dentsu Aegis Network (DAN). Kami memegang 49% saham dan Dentsu 51%.

Saya terlibat dalam pembicaraan merger tersebut. Dalam kesepakatan awal, memang owner awal memegang management control.

Pada 12 Desember, saya terpilih menjadi Country CEO DAN Indonesia. Ada beberapa pesan yang disampaikan. Saya harus bisa menjaga integritas dan kejujuran sebagai nilai-nilai yang sudah diusung selama ini.

Kemudian dari bisnis, saya juga harus bisa terus menumbuhkan bisnis DAN. Indonesia adalah pasar yang sangat potensial. Begitu juga dengan ASEAN. Mau tidak mau, kami harus terus mendorong pertumbuhan bisnis.

Setelah memetakan kondisi perusahaan, saya harus punya rencana bisnis di tahun 2019 dan untuk 3 tahun ke depan.

Saya harus melakukan brand maping di DAN Indonesia. Bagaimana 15 bisnis unit yang dimiliki bisa melayani klien dengan lebih baik lagi.

Sampai sekarang, proses adaptasi dengan DAN Indonesia masih terus berjalan. Buat saya, semua dijalani saja. Tidak ada yang spesifik.

Memang secara jangkauan, bisnis perusahaan ini lebih besar. Jumlah stafnya dua kali lipat dan pendapatan juga lebih besar. Tetapi, pada dasarnya, pekerjaannya sama  dengan sebelumnya, hanya skalanya lebih besar.

Gaya kepemimpinan yang saya terapkan juga masih tetap sama. Mungkin di Dwi Sapta sudah terbiasa gotong royong dan kekeluargaan.

Itu juga yang harus saya terapkan di DAN Indonesia. Walaupun perusahaan multinasional Jepang, tetapi tetap ada rasa lokal, gotong royong, dan kekeluargaan.

Sebab, yang kami jual bukan berupa produk, melainkan service, idea, dan expertise. Semua adalah keahlian yang kami tawarkan. Maka dari itu, people are our assets. Sangat penting bagaimana kita me-manage talent yang ada.

Setelah maping brand DAN Indonesia, rencana saya akan mengembangkan ekosistem digital. Ini menjadi cara bagaimana unit bisnis kami bisa menyikapi perkembangan digitalisasi dengan baik. Sebab, dalam dunia digital, banyak sekali perubahan yang terjadi.

Penataan digital ekosistem ini kami lakukan mulai dari sumber daya manusia, training, pengetahuan, alat, hingga bagaimana cara pelayanan kami ke klien juga turut dimodernisasi.

Saya lihat, tantangan besar di sektor periklanan adalah digital. Kami sedang dalam proses berubah bentuk. Tak hanya periklanan, semua industri saat ini juga sedang melakukannya. Perlu menyikapi perubahan zaman itu agar tidak terlibas.


Reporter: RR Putri Werdiningsih
Editor: Mesti Sinaga

TERBARU
Hasil Pemilu 2019
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0555 || diagnostic_web = 0.3178

Close [X]
×